10 Usaha yang Menguntungkan di Desa

0

KabarUang.com, Jakarta – Banyak orang berpikir bahwa hidup di desa itu lebih sulit. Hal ini karena sulitnya mencari pekerjaan di desa. Namun, perlu anda ketahui, banyak usaha yang bisa dilakukan untuk bertahan hidup di desa. Berikut ini usaha yang menguntungkan di desa :

Ilustrasi via IDNPreneur

1. Ternak Ayam Kampung

Pertama usaha yang menguntungkan di desa adalah usaha ternak ayam kampung. Hal ini karena permintaan pasokan ayam kampung meningkat. Namun, yang bisa terpenuhi hanya 25 hingga 30% saja. Jadi, usaha ternak ayam kampung ini bisa menjadi usaha yang menguntungkan di desa.

2. Pulsa elektrik dan Kuota

Internet yang sudah sampai hingga ke desa-desa menyebabkan warga desa membutuhkan pulsa dan kuota. Untuk itu, anda bisa memberikan kebutuhan warga desa dengan usaha pulsa elektrik dan kuota. Ini akan menjadi usaha yang menguntungkan di desa.

Hal lain juga karena di pedesaan pulsa elektrik dan kuota adalah hal yang bisa dijual mahal. Hal ini karena jarangnya orang yang membuka usaha pulsa elektrik dan kuota. Untuk itu, bisnis pulsa di pedesaan adalah usaha yang menguntungkan.

3. Berbisnis online

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, merambahnya internet hingga desa memberikan peluang bagi anda yang ingin berbisnis online. Berbisnis online menjadi peluang usaha yang menguntungkan di desa karena belum banyak yang mencoba bisnis ini. Namun, perlu diperhatikan, anda harus melakukan survey pasar terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui produk apa yang laku di pedesaan.

Baca Juga  3 Alternatif Pilihan Investasi Terpercaya Dengan Profit Harian

4. Berjualan kuliner unik

Selanjutnya adalah usaha kuliner. Usaha kuliner ini adalah usaha yang laku di pasaran di mana pun anda berada, termasuk di desa. Namun, tampaknya usaha kuliner di desa sedikit berbeda dengan usaha kuliner di kota. Bisnis kuliner ini bisa menjadi usaha yang menguntungkan di desa jika anda mengetahui selera pasar di pedesaan. Misalnya saja berjualan makanan unik khas suatu daerah sebagai oleh-oleh.

5. Menjual alat-alat pertanian

Bertani yang menjadi gaya hidup pedesaan memberikan anda peluang usaha baru yakni menjual alat-alat pertanian. Boleh jadi usaha ini masih belum banyak yang mencobanya di desa. Hal ini membuat orang desa harus pergi ke kota untuk melengkapi kebutuhan bertaninya. Untuk itu, cobalah membuka usaha alat-alat pertanian. Ini bisa menjadi usaha yang menguntungkan di desa.

Baca Juga  Hensel Davest Lepas 381,17 Juta Saham

6. Ternak jangkrik

Selanjutnya, usaha yang menguntungkan di desa adalah ternak jangkrik. Pasalnya selain permintaan jangkrik di desa yang cukup besar, usaha ternak jangkrik ini hanya membutuhkan modla yang sedikit untuk memulainya. Untuk itu, usaha ternak jangkrik adalah usaha yang bisa anda coba di pedesaan. Terlebih, pakan jangkrik sangatlah banyak di desa, seperti daun singkong dan jenis-jenis daun hijau lainnya.

7. Ternak kambing

Selain ternak jangkrik dan ayam kampung, ternak kambing juga bisa menjadi pilihan usaha yang menguntungkan di desa. Meskipun anda harus mengeluarkan modal yang cukup besar untuk membuat peternakan kambing, namun usaha ini sangat menjanjikan di masa yang akan datang.

8. Ternak kroto

Selanjutnya anda bisa mencoba usaha ternak kroto sebagai usaha yang menguntungkan di desa. Kroto ini adalah salah satu burung yang paling banyak di cari oleh para pecinta burung. Terlebih, biasanya di desa banyak sekali yang hobi memelihara burung. Untuk itu, usaha kroto adalah usaha yang bisa anda coba di desa.

9. Ternak lele

Ternak lele adalah usaha yang menguntungkan di desa. Terlebih ikan lele biasanya menjadi menu favorit yang ada di rumah makan. Jadi, anda bisa menawarkan ternak ikan lele yang anda miliki ke beberapa rumah makan. Pastinya mereka akan memasok lele anda dalam jumlah besar. Selain itu, modalnya tidak terlalu besar, tergantung pada jumlah bibit lele yang akan anda ternak. Biasanya harga bibit lele berkisar Rp 100-300 per ekornya.

Baca Juga  Bank Dunia Katakan Reformasi Dan Transparansi Dibutuhkan Demi Keberhasilan Belt and Road

10. Budidaya sayuran organik

Tanah di desa yang terbilang subur memberikan anda peluang yang besar untuk membuka usaha budidaya sayuran organik. Usaha budidaya sayuran organik ini adalah usaha yang sangat potensial di desa. Hal ini karena anda bisa menjual hasil budidaya sayuran organik anda ke kota. Biasanya potensi beli pasar di kota lebih besar. Selain itu, biasanya pasar di kota juga membutuhkan pasokan sayuran organik dari pedesaan karena hasilnya jauh lebih baik dibanding hasil budidaya di kota.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here