Tips untuk Mengatur dan Mencapai Wishlist

0

KabarUang.com, Jakarta – Wishlist atau daftar keinginan adalah hal yang menghantui kemanapun kita pergi. Rasanya jika adalah salah satu hal yang tidak bisa terpenuhi, kita akan sulit fokus ke hal lain dan hanya memikirkan hal itu. Namun, disisi lain, kamu belum mampu untuk memenuhi keinginanmu sendiri.

Ilustrasi via Dignation

Berikut cara mengatur dan mencapai dafatra keinginanmu :

Side job

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi wishlist mu adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Jika kamu menginginkan sesuatu maka kamu butuh pengorbanan untuk mendapatkannya. Kamu harus rela mengorbankan waktu liburmu untuk mencari tambahan kerja jika kamu ingin memenuhi keinginanmu.

Kamu harus mengetahui peluang apa yang ada dihadapanmu. Misalnya kamu bisa ikut berjualan jika didekat rumahmu sering diadakan Pasar Sabtu atau Pasar Minggu. Selain itu, jika kamu punya hobi menulis, kamu bisa menjadi seorang penulis artikel di suatu portal berita. Pilihlah apapun pekerjaan yang mungkin bisa kamu kerjakan, tentunya yang pasti pekerjaan itu harus menghasilkan.

Baca Juga  Jangan Lagi Bilang I'm So Happy, Gunakan Idioms Ini Biar Gak Mainstream!

Sedikit atau banyak tidak jadi masalah, hal terpenting adalah kamu mendapatkan penghasilan tambahan. Nantinya penghasilan tambahan ini ditabung untuk memenuhi keinginan yang belum tercapai.

Buat target per bulan

Hal kedua adalah membuat target. Dalam satu bulan, kamu tidak mungkin bisa fokus untuk semua hal yang kamu inginkan. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap manusia punya banyak keinginan. Maka kamu harus memfokuskan kepada satu target.

Misalnya targetmu adalah membayar uang kuliah semester. Maka dalam satu bulan kamu harus punya target untuk bisa menanbung. Mulai dari menentukan berapa banyak uang jajan yang disisihkan serta apa pekerjaan yang menghasilkan yang bisa dikerjakan disela waktu kuliah.

Baca Juga  Ajak Mobil Main ke Pantai? Simak Tips Perawatannya

Dengan adanya target ini, kamu bisa mengontrol segala keinginanmu yang lain. Hal ini karena kamu harus fokus dengan keinginan yang sudah kamu targetkna. Apapun keinginannya sah-sah saja selama itu baik untukmu.

Mencicil adalah pilihan yang boleh dilakukan

Selanjutnya adalah mencicil. Jika keinginanmu berupa barang yang mahal, pilihanmu adalah mencicil barang yang kamu inginkan. Namun, perlu kamu ketahui, dalam hal mencicil pastikan cicilan perbulannya adalah besaran dana bisa kamu bayar. Jangan sampai kamu mencicil dengan cicilan yang besar setiap bulan sehingga kamu kesulitan dalam membayarnya.

Selain itu juga, pastikan barang yang akan kamu cicil itu bukan barang yang tidak bermanfaat untukmu. Kemanfaatan barang itu harus kamu perhatikan.

Jangan selalu memenuhi keinginan impulsif

Hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya untuk mengatur wishlist mu adalah jangan selalu memenuhi keinginan impulsif. Misalnya kamu sedang berjalan ke Mall dan tidak berniat membeli barang itu. Namun, ketika kamu melihat barang itu dipajang di toko lantas kamu membelinya. Sebenarnya hal ini adalah hal yang salah. Pergi ke Mall tanpa tujuan yang jelas membuatmu kalap.

Baca Juga  Prinsip Pasar Modal Syariah yang Perlu Diketahui

Untuk itu, hindari pergi ke Mall tanpa tujuan yang jelas. Selain itu, kamu juga harus membawa shopping list yang sudah kamu buat agar kamu tidak membeli barang-barang yang memang tidak diperlukan.

Itulah beberapa tips untuk mengatur serta mencapai daftar keinginanmu. Semoga kamu lebih bijak dalam memnuhi daftar keinginan tersebut.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here