Terlalu Sering Mengikat Rambut Ternyata Bahaya ? Berikut Faktanya !

0

KabarUang.com, Jakarta – Sebagai seorang wanita, mengikat rambut adalah suatu kebiasaan. Tapi ladies, ternyata dibalik kebiasaan itu, tersimpan sejumlah bahaya yang mengincarmu. Berikut ini 5 bahaya yang perlu kamu tahu.

Ilustrasi via Fimela

Rambut menjadi rontok

Meskipun mengikat rambut adalah solusi bagi wanita, tapi mengikat rambut membuat akar rambut menjadi lemah. Tekanan yang diberikan oleh ikat rambut saat kamu mengikat rambut menyebabkan rambutmu rapuh. Inilah yang membuat rambutmu menjadi mudah patah dan akhirnya rontok.

Semakin lama kamu mengikat rambut maka rambut akan semakin rontok dan merusak folikel rambut. Untuk itu biarkanlah rambutmu beristirahat dengan cara mengurainya.

Meninggalkan bekas ikatan

Bagi kamu yang sering mengikat rambut, jangan salahkan jika bentuk rambutmu berubah. Apabila asalnya rambutmu lurus namun sehabis diikat rambutmu mengalami perubahan bentuk, itu artinya kamu mengikat rambut terlalu kencang. Jika kebiasaan ini terus dilanjutkan, maka rambutmu tidak akan lurus seperti biasa dan akan meninggalkan bekas ikatan di rambut.

Baca Juga  Obat Emosi Mengubahnya Dengan Mengalihkan Fokus

Menyebabkan sakit kepala

Selanjutnya hal yang akan menyerang kamu ketika kamu terlalu sering mengikat rambut adalah sakit kepala. Kenapa begitu ? Karena adanya saraf yang sangat snesitif dibawah folikel rambut dan kulit kepala. Oleh karena itu, kamu tidak dianjurkan untuk terlalu sering mengikat rambut apalagi dengan kondisi yang sangat ketat.

Mengikat rambut ketika merasa gerah boleh-boleh saja, asalkan jangan mengikatnya terlalu kencang agar tidak membahayakan kesehatan rambut dan kulit kepala.

Baca Juga  Perut Buncit Jadi Rata dengan Kebiasaan Ini di Pagi Hari!

Menyebabkan munculnya jamur dan bakteri

Hal lain yang berbahaya ketika kamu mengikat rambut adalah menyebabkan munculnya jamur dna bakteri. Hal ini bisa terjadi ketika kamu mengikat rambut dalam keadaan basah. Misalnya sehabis keramas, rambutmu masih basah namun kamu segera mengikat rambutmu.

Hal ini karena kepalamu sedang dalam keadaan lembap. Keadaan inilah yang memicu bakteri untuk tumbuh dan berkembangbiak. Parahnya lagi hal ini juga bisa menyebabkan kamu mengalami resiko iritasi pada kulit kepala. Bhkan kondisi terparah yakni menimbulkan infeksi jamur pada kulit kepala.

Baca Juga  Rambut Tipis ? Ikuti Cara Ini agar Rambutmu Terlihat Tebal

Menghambat pertumbuhan rambut

Jika kamu terus mengikat rambut, akan terjadi peradangan di sekitar folikel rambut. Hal inilah yang akan menyebabkan pertumbuhan rambutmu menjadi terhambat karena tidak ada udara. Jadi, biarkanlah rambut terurai agar dia diberi kebebasan untuk menghirup udara yang cukup.

Itulah beberapa bahaya yang disebabkan oleh mengikat rambut. Untuk itu, pastikan rambutmu tidak sering diikat.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here