Siapa Bilang Tersenyum Cegah Keriput, Yuk Simak Penjelasannya!

0
ilustrasi via fimela com
ilustrasi via fimela com

KabarUang.com , Jakarta – Tersenyum merupakan salah satu cara untuk terlihat cantik dan menawan secara alami. Tapi nyatanya, banyak senyum ternyata bikin keriput jadi cepat timbul lho.

Awet muda dan memiliki kulit mulus merupakan dambaan banyak orang, khususnya kaum wanita. Namun, tak jarang yang baru berusia 30 tahun, sudah memiliki kerutan di beberapa area di wajah. Tentu saja, hal ini menurunkan rasa percaya diri.

Salah satu penyebab kerutan terjadi, bisa dari banyak faktor. Siapa sangka, tersenyum menjadi faktor yang cukup berperan dalam memicu kulit keriput.

Baca Juga  Berapa Lama Waktu yang Pas untuk Membaca Buku ?

“Banyak senyum akan bikin banyak kerut. Orang yang senyum terus kerutnya makin jelas. Kalau yang jaim, kerutnya tidak terlaku jelas. Itu (senyum) adalah repetetif faktor (gerakan berulang),” ujar Spesialis kulit dan kelamin RS Pondok Indah-Puri Indah, dr. Susie Rendra, Sp.KK., dalam temu media di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis 12 September 2019.

Gerakan berulang tersebut, kata Susie, memicu adanya kontraksi otot di wajah layaknya binaragawan yang melatih ototnya. Sehingga, otot di wajah bertambah besar dan mudah sekali terlihat.

Baca Juga  Jaga Kesehatan Bibir Agar Tetap Lembap Dengan Tips Ini

“Begitu ototnya besar, akan menarik kulit yang menempel di atasnya yang nampak menjadi kerutan,” kata dia.

Meski begitu, Susie menegaskan kerutan tak hanya disebabkan satu faktor saja. Ada banyak faktor lain seperti makanan tinggi lemak atau lingkungan polusi tinggi yang memicu kerutan. Terlebih, tersenyum dan tertawa memiliki efek yang baik bagi tubuh.

“Kalau tertawa kan bikin hormon endorfin keluar dan itu membuat kita bahagia. Rasa bahagia itu membuat kita panjang umur. Jadi kuncinya, tersenyum dan tertawa secukupnya saja,” jelasnya.

Baca Juga  Berat Badan Bisa Timbulkan Gejala Sakit Punggung
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here