Rutin Konsumsi Buah-buahan Ini Untuk Redakan Gejala Asam Lambung

0
ilustrasi via himedik com
ilustrasi via himedik com

KabarUang.com , Jakarta – Penyakit asam lambung atau refluks gastroesofagus ini terjadi saat semua isi perut naik ke esofagus atau kerongkongan. Pada kondisi normal, pita otot esofagus bagian bawah akan terbuka saat menelan lalu menutup kembali.

Namun saat asam lambung terjadi, pita esofagus tidak menutup atau mengencang dengan benar. Sehingga memungkinkan cairan pencernaan dan isi perut naik kembali ke kerongkongan. Maka timbullah penyakit asam lambung.

Penyakit ini bisa menimbulkan beberapa gejala. Seperti sensasi terbakar di dada yang bisa menyebar ke arah leher. Selain itu, para penderitanya pun mungkin merasakan rasa pahit atau asam di bagian belakang mulutnya. Gejala lainnya bisa meliputi perut kembung, mual, muntah, batuk, dan sulit menelan.

Baca Juga  Berat Badan Bisa Timbulkan Gejala Sakit Punggung

Selain dengan mengatur pola makan sehat dan seimbang, para penderita asam lambung pun bisa pula mengonsumsi buah-buahan. Berikut beberapa jenis buah-buahan yang aman untuk penderita asam lambung :

  • Melon

Buah melon termasuk jenis buah yang mengandung basa. Kamu bisa langsung memakannya atau diolah terlebih dahulu menjadi jus.

  • Pisang

Buah pisang mengandung senyawa basa yang baik untuk melawan asam. Buah ini termasuk sumber serat, kalium, antioksidan, vitamin C, dan fitonutrien. Serat dalam buah pisan bisa meningkatkan sistem pencernaan sehingga baik untuk mengurangi refluks asam lambung.

  • Buah Ara
Baca Juga  Tips Gigi Tetap Putih? Yuk Coba Jenis Makanan Ini

Di dalam buah ara terkandung mineral, kalsium, gula alami, kalium dan zat besi. Kandungan serat di dalamnya bisa membantu pergerakan usus sehingga baik untuk mengatasi gangguan pencernaan.

  • Pepaya

Buah pepaya diketahui mengandung betakaroten, vitamin K dan kalsium. Pepaya juga mengandung enzim papain yang bisa membantu meningkatkan pencernaan serta mengurangi sensasi terbakar di dada.

  • Semangka

Buah semangga pun kaya akan antioksidan, vitamin A dan C serta asam amino. Kandungan air yang tinggi di dalamnya bisa membantu pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Semangka berguna untuk menetralkan asam lambung serta mengurangi refluks.

Baca Juga  Sebulan Berpuasa, Ini Dia 7 Tips Untuk Tetap Jaga Kesehatan!
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here