Rp375 Triliun Dibutuhkan Presiden Jokowi Untuk Bangun 2.500 Km Jalan Tol

0
Ilustrasi Uang Triliunan via sooperboy com

c

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yakni Basuki Hadimuldjono menyatakan, setiap satu kilometer jalan tol membutuhkan pendanaan yang berkisar Rp100 miliar-Rp150 miliar. Dengan target pembangunan yaitu 2.500 km, anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp250 triliun sampai Rp375 triliun.

“Jadi memang kebutuhan untuk pembangunan jalan tol ke depan tidak kurang dari Rp250 triliun-Rp375 triliun,” ujar dia dalam seminar bertema ‘Masa Depan Jalan Tol Indonesia’ di Gedung BEI, Jakarta, seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Sri Mulyani Yakin Bahwa Masyarakat Indonesia Masih Bisa Kaya Sebelum Tua

Basuki juga kembali menjelaskan, pembangunan jalan tol sepanjang 2.500 km itu terdiri dari tol yang dibangun pada tahun 2019 sepanjang 460 km dan juga pembangunan tol di 2020-2024 sepanjang 2.084 km.

“Jalan tol tersebut akan dibangun melalui investasi, baik yang sifatnya penugasan seperti jalan Tol Trans Sumatera, program pemerintah, maupun prakarsa badan usaha,” jelasnya seperti dikutip dari Okezone com.

Berdasarkan dari data Kementerian PUPR pembangunan jalan tol itu mencakup Tol Trans Jawa, Trans Sumatera, Tol di Sulawesi, kemudian Tol di Kalimantan, lalu Tol Jabodebek, serta juga Tol Non Trans Jawa.

Baca Juga  Bali Kini Sudah Punya 6 Bendungan Kata Menteri PUPR

Diapun menjelaskan, jalan tol yakni merupakan backbone atau tulang punggung sistem konektivitas transportasi darat. Yang dimana sebanyak 90% orang dan juga muatan masih diangkut dengan mengandalkan angkutan darat.

Oleh sebab itu, salah satu fokus pemerintah ke depannya yaitu tetap melakukan pembangunan jalan tol. Mengingat infrastruktur jalan mendukung terjadinya konektivitas guna meningkatkan produktivitas, efisiensi, serta pelayanan sistem logistik nasional bagi penguatan daya saing global.

Baca Juga  Ini Dia Sederetan Tugas Joko Widodo Jika Ia Lanjut Dua Periode

“Membangun jaringan transportasi itu memiliki tujuan supaya lebih cepat, aman, dan lebih nyaman,” kata dia seperti dikutip dari Okezone com.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here