Rencananya Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Akan Diperluas Sekitar Tiga Kali Lipat

0
Ilustrasi Bandara Sultan Hasanuddin makasar via hasanuddin-airport co id

Kabaruang.com, Jakarta – Menteri Perhubungan yaitu Budi Karya Sumadi juga telah menyatakan, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar akan diperluas hingga tiga kali lipat, dari sekitar 50.000 meter persegi menjadi disekitar 150.000 meter persegi. Perluasan diperlukan karena bandara tersebut menjadi HUB (penghubung) Indonesia bagian timur, hampir semua kawasan penerbangan ke Indonesia bagian timur itu melewati Makassar.

“Sekarang ini luasnya hanya 50.000 M2 dan sedang dibangun tiga kali lipat seluas 150.000 meter persegi. Dengan ini diharapkan kapasitasnya akan naik menjadi 15 juta penumpang,” kata dia Sabtu (28/9/2019) seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Keberadaan 'Kopassus' PLN Mulai Dipertanyakan Oleh Dahlan Iskan

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I akan terus dikembangkan sampai tahap ultimate, yang dimana pengembangan dibagi ke dalam empat tahap.

Setelah pengembangan tahap I itu juga dimulai pada awal tahun ini, pengembangan tahap II akan dimulai pada tahun 2024. Pada tahap ini kapasitas penumpang akan bertambah menjadi 21 juta penumpang per tahun dan juga kapasitas parking stand menjadi dikisaran 47 parking stand.

Baca Juga  Airhelp Rilis Daftar Bandara dan Maskapai Terbaik Tahun Ini

Kemudian pengembangan tahap III akan dimulai pada tahun 2034 dengan penambahan kapasitas terminal menjadi dikisaran 30,8 juta penumpang per tahun dengan 64 parking stand. Sementara pengembangan tahap IV akan dimulai pada tahun 2044 dengan kapasitas ultimate terminal mencapai 40 juta penumpang per tahun dengan sekitar 78 parking stand.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here