Petani di Lombok Masih Bergantung pada Tembakau Meski Permintaan Pasar Menurun

0

KabarUang.com, Lombok – Beralihnya dari tembakau ke rokok elektrik menyebabkan kehidupan para petani tambakau termasuk Lombok terancam. Hal ini karena petani Lombok masih sangat bergantung pada penjualan tembakau meski permintaan pasar menurun secara signifikan.

Ilustrasi via SuaraNTB

Irfan selaku Ketua Serikat Tani Nasional (STN) NTB mengatakan bahwa pertumbuhan rokok elektrik sangat berpengaruh pada menurunnya permintaan tembakau.

“Akibatnya permintaan pasar (tembakau) menurun, sehingga mempengaruhi produktivitas petani tembakau, terutama di NTB,”ungkap Irfan pada Sabtu (7/9) dilansir tribunnews.com.

Baca Juga  Antisipasi Harga Beras Harus Segera dilakukan, Kemarau Diprediksi Berkepanjangan

Menurutnya sebagian petani Lombok masih sangat bergantung pada komoditi tembakau meski sekali musim dalam setahun. Sebagai informasi, tembakau Lombok ini dikenal sebagai tembakau terbaik di dunia selain tembakau Virginia asal Brazil.

Produksi tembakau Virginia Lombok juga menjadi salah satu penyumbang terbesar untuk kebutuhan industri rokok nasional. Memenuhi skeitar 80 persen dari kebutuhan. Hanya saja, modal dan ongkos produksi untuk menanam tembakau jenis Virginia tidaklah sedikit.

“Petani kebanyakan ambil utang untuk menanam temakau ini. Nah jika kemudian ada persaingan yang membuat pasar rusak, dan hutang petani tembakau tidak mampu dibayar, maka jalan satu-satunya adalah menjadi buruh migran ke luar negeri. Mereka akan menjadi TKI demi menutup hutang, ini kan sering kali terjadi,”ungkap Irfan.

Baca Juga  Jokowi Puji Pertanian Indonesia Sudah Seperti Pertanian Modern

Jika dilihat dari sisi pendapatan negara dan daerah, Irfan mengatakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) juga cukup tinggi. DBHCHT NTB pada 2018 mengalami peningkatan. Awalnya hanya Rp 248,8 miliar sekarang menjadi Rp 295,6 miliar.

Petani berharap dana ratusan miliar yang digelontorkan pemerintah pusat ini bisa diperbanyak untuk menyentuh petani tembakau yang berada di NTB.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here