Peluang Bisnis di Ibu Kota Baru yang akan Laris Manis

0

KabarUang.com, Jakarta – Pemindahan Ibu Kota Baru Indonesia ke Kalimantan Timur (Kaltim) sudah diputuskan oleh Presiden Jokowi. Hal ini karena Kalimantan dinilai paling rendah resiko terkena bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, tsunami dan gunung berapi. Terlepas dari hal itu, pindahnya Ibu Kota juga membuat peluang usaha semakin besar. Dilansir viva.com berikut beberapa peluang usaha yang bisa anda manfaatkan.

Ilustrasi via Minews.id

Kos-kosan

Pindahnya Ibu Kota juga berimbas pada PNS yang akan bertugas di Kalimantan Timur. Sekitar 1 juta PNS diperkirakan akan pindah. Mereka bukan hanya penduduk asli Kaltim, namun ada juga dari Jawa, Sumatera, Ppaua dan lainnya. Kepindahan ini membuat mereka mencari tempat tinggal.

Inilah peluang bagi anda yang ingin membuka bisnis baru. Membuat mess, kos-kosan atau kontrakan adalah pilihan yang tepat. Jadi, bagi anda warga asli Kalimantan Timur, usaha ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Baca Juga  Grant Thornton Indonesia Sajikan International Business Report Catat Lonjakan Capai 84%

Berhubung pemindahan Ibu Kota akan dilasanakan pada tahun 2024, anda bisa mempersiapkannya selama beberapa tahun ini. Mulai dari memilih lokasi yang strategis, membangun perencanaan hingga tahap pembangunan.

Hotel

Selanjutnya peluasng usaha yang bisa anda jalani adalah hotel. Hal ini karena Ibu Kota seringkali menjadi pusat pemerintahan sekaligus tempat penyelenggaraan pertemuan hubungan diplomatik dengan negara sahabat. Nah, untuk memenuhi kebutuhan akomodasi itu, diperlukan penginapan berbintang yang layak bagi tamu kenegaraan.

Bagi anda pebisnis properti besar, tentu ini adalah kesempatan yang baik untuk merambah bisnis ke Kalimantan Timur. Anda bisa membangun sebuah hotal berbintang yang nantinya akan dipilih sebagai tempat atau pusat pertemuan tersebut. Tentu, ini akan menjadi bisnis yang laris di Ibu Kota baru.

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner menjadi pilihan yang tepat di semua wilayah. Terlebih, di Ibu Kota baru, Kalimantan Timur. Bisnis makanan ini bisa beragam. Anda bisa membuka warung lotek, warung masakan Padang atau warung Tegal yang murah meriah.

Baca Juga  Sebanyak 960.494 Penumpang Kini Mulai Beralih Ke Kapal Laut Selama Mudik Lebaran Kali Ini

Nah, untuk tempatnya, anda bisa membuka usaha ini di dekat kantor-kantor pemerintahan. Biasanya orang kantoran suka sekali makan siang di warung tegal. Untuk itu, ini adalah peluang usaha yang tidak boleh anda sia-siakan.

Ojek Online

Seperti yang kita ketahui, akan ada banyak masyarakat yang pindah ke Kalimantan Timur, membuat warga diluar Kalimantan kebingungan. Maksudnya mereka perlu beradaptasi dengan lingkungan. Terlebih bagi mereka yang tidak tahu arah, kehadiran ojek online sangatlah membantu.

Bagi mereka yang tinggal di kos-kosan dan jarak tempuh ke kantor cukup jauh, mereka membutuhkan jasa ojek online. Untuk itu, bagi anda warga Kaltim asli yang sudah tahu arah, anda bisa membantu mereka dengan bergabung bersama ojek online.

Baca Juga  Pupuk Kotoran Sapi Bisnis yang Menjanjikan, Raup 200 Juta per Bulan

Kafe

Bagi warga pindahan dari Jakarta, kafe bukanlah tempat yang asing untuk nongkrong. Biasanya setiap Jum’at malam atau Sabtu dan Minggu para milenial memutuskan untuk nongkrong ke kafe. Alasannya beragam, ada yang numpang mengerjakan tugas, mengerjakan pekerjaan kantor, hingga alasan yang paling sering yakni kongkow.

Hal ini sudah menjadi budaya yang bisa anda manfaatkan sebagai peluang usaha. Membangun kafe atau tempat ngopi yang didesain apik bisa mengundang pelanggan berdatangan. Terlebih jika tempatnya punya spot yang instagramable.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here