Pameran Kerajinan KriyaNusa, Ajang Kenalkan Produk Kerajinan Indonesia Mendunia

0

KabarUang.com, Jakarta – Kementrian Perindustrian catat nilai ekspor produk kerajinan nasional mencapai Rp 870 juta dolar AS sepanjang tahun 2018. Negara tujuan utama ekspor ini yakni Amerika Serikat, Jepang, Belanda, Inggris, Singapura dan Jerman.

“Jumlah industri kerajinan di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 700 ribu unit usaha dengan meyerap tenaga kerja sebanyak 1,32 juta orang,”ungkap Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih saat acara Pameran KriyaNusa 2019, Jakarta, Rabu (11/9) dilansir republikaonline.com.

Melihat potensi industri kerajinan nasional ini, Gati optimis bahwa nilai ekspor produknya akan terus meningkat. Hal ini karena dibarengi dengan adanya perbaikan mulai dari aspek kualitas produk hingga desain dan kemasan. Upaya ini sejalan dengan oemanfaatan teknologi dan pengembangan kompetensi dari segi sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga  Kemenkop UKM Temukan Investasi Bodong Dalam Usaha Berbasis Koperasi

“Sektor kriya merupakan salah satu dari kelompok industri kreatif, yang saat ini sudah memiliki jaringan pasar yang luas di tingkap mancanegara,”lanjutnya.

Untuk itu, Kemenperin akan terus aktif mempromosikan produk kerajinan nasional. Caranya yakni melalui berbagai pameran baik yang diselenggarakan di dalam maupun luar negeri. Salah satunya yakni pameran Kerajinan KriyaNusa.

Ilustrasi via Kantor Staff Presiden

Dalam rangka memperingati HUT ke-39, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar Pameran Kerajinan KriyaNusa 2019 yang berlangsung pada 11-15 September. Tema yang diusung yakni “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas & Kewirausahaan”. Acara ini dibuka langsung oleh Ibu Negara Irianan Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas yang merupakan Ibu Kerajinan Nasional Mufidah Jusuf Kalla.

Baca Juga  2 Perusahaan RI Ini Bisa Jadi Yang Terbaik Di Asia

“Diharapkan melalui ajang Pameran KriyaNusa 2019, Dekranas dapat memberikan ruang bagi perajin Indonesia untuk menampilkan produk unggulannya. Setiap tahunnya, Pameran Kriyanusa mengusung ikon daerah Nusantara yang berbeda-beda, dan ikon Kriyanusa tahun ini adalah Sumatera Barat,”ungkap Gati.

Pameran yang digekar secara tahunan ini menampilkan banyak produk dengan kualitas yang baik, sehingga kerajinan Indonesia kian dikenal dunia. “Pameran ini bagus sekali sebagai upaya mendorong produk-produk kerajinan Indonesia semakin mendunia,”ungkapnya.

Oleh karena itu, Indonesia sebagai negara yang memiliki keragaman suku bangsa, adat istiadat, snei budaya dan bahasa dinilai memiliki potensi untuk melahirkan seni kriya dan kerajinan yang berkualitas. Pihak Dekranas yang berdiri sejak 3 Maret 1980 itu menjadi pionir wadah berhimpunnya para penggiat industri kerajinan nasional.

Baca Juga  Kemenperin Targetkan 2.000 Industri Kreatif Tercipta di Tahun 2020

“Dekranas menjadi elemen penggerak di industri kerajinan dan telah menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan tradisi dan warisan budaya dalam membuat kerajinan yang semakin bermutu dan berdaya saing di seluruh wilayah nusantara,”tuturnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here