Kebijakan Pak Habibie Dalam Ekonomi Masih Dipakai Sampai Saat Ini

0
ilustrasi via lombokita com
ilustrasi via lombokita com

KabarUang.com , Jakarta – Kenangan Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) Bacharuddin Jusuf Habibie tidak hanya soal kedirgantaraan tapi juga ekonomi.

Sejatinya beliau berjasa untuk perekonomian bangsa, karena pernah menyelamatkan Indonesia pada proses transisi presiden di 1998 terutama soal mengangkat Rupiah yang sempat anjlok.

Kini, warisannya di dunia ekonomi masih bisa kita rasakan. Beberapa diantaranya adalah memisahkan Bank Indonesia dari pemerintahan dan menjadi lembaga independen yang bertugas menjaga kondisi moneter.

Baca Juga  5 Jajaran Bisnis Kuliner Burger Ini Milik Artis Ternama

Beliau mampu mengendalikan ekonomi di Indonesia sehingga menurunkan kurs rupiah dari Rp15.000 per USD menjadi Rp 6.500 per USD.

Beliau juga merevisi ratusan undang undang (UU) dan salah satu UU yang penting tentang perekonomian yaitu UU Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha yang Tidak Sehat. Serta beliau juga membuat UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Baca Juga  Setelah Dua Abad Kaisar Akihito Turun Tahta, Begini Nilai Gaya Kepemimpinannya

Pada masa jabatannya Habibie membentuk lembaga khusus untuk bertugas memantau serta menyelesaikan utang luar negeri. Selain itu juga beliau membentuk Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) untuk membantu bank yang akan bangkrut akibat utang dan likuiditas yang ketat.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here