Ini Dia Konsep Ibu Kota Baru Yang Dijamin Bisa Jaga Kelestarian Hutan Kalimantan

0
Ilustrasi Konsep Ibu Kota Baru via youtube com

KabarUang.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau yang disingkat dengan PUPR bisa memberikan solusi perihal keresahan masyarakat yang terjadi. Hal itu terkait dengan keberadaan hutan Kalimantan di tengah-tengah rencana adanya pemindahan ibu kota Indonesia itu.

Sekitar 14.651.053 hektare luas hutan Kalimantan Timur kini harus dijaga keberadaannya dari pembangunan ibu kota baru. Kementerian PUPR sendiri berjanji akan selalu menjaga kelestarian hutan dalam proses pembangunan.

Baca Juga  Menko Luhut Tengah Gelar Rapat Bahas Mengenai Harga Avtur Pertamina

Melansir juga keterangan Instagram resmi Kementrian PUPR, dengan menggunakan konsep City in the Forest, PUPR berusaha mencegah intervensi hutan di Kalimantan dengan pembangunan yang sekiranya akan membludak. Bahkan, mereka juga sangat menginginkan membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan luas tidak kurang dari sekitar 50% area ibu kota baru.

“Sesuai konsep City in the Forest, pembangunan Ibu Kota baru akan tetap menjaga kelestarian hutan di Kalimantan dengan meminimalisir intervensi terhadap hutan yang telah ada. Selain itu, dialokasikan juga Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang akan dibangun sebanyak minimal 50% dari total luas area Ibu Kota baru,” tulis @kemenpupr di Instagramnya seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Menhub Sarankan Sistem Satu Arah Dan Ganjil-Genap Saat Mudik Agar Lancar

RTH yang akan dibangun meliputi taman rekreasi, kebun binatang, taman botani, sampai kompleks olahraga. Pengadaan RTH ini nantinya akan terintegrasi dengan bentang alam yang sudah ada, seperti kawasan berbukit dan Daerah Aliran Sungai atau yang disingkat dengan DAS.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here