Ibu Kota Baru Ini Akan Segera Miliki Kereta Berbasis Listrik

0
Ilustrasi Kereta Listrik via bumn go.id

KabarUang.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla atau disingkat dengan panggilan JK menyebut bahwa pembangunan transportasi ibu kota baru di Penajam Paser Utara dan juga Kutai Kartenagara tidak membutuhkan investasi yang besar. Lantaran hanya transportasi darat saja yang akan segera dibangun oleh pemerintah.

Menurut pendapat Jusuf Kalla, di Kalimantan Timur sudah ada beberapa bandara, yang mana dua di antaranya merupakan bandara besar. Keduanya yakni Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto dan juga Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.

Baca Juga  Penumpang MRT Jakarta Tembus 83 Ribu Dalam Sehari Selama Libur Lebaran

“Kita tidak perlu investasi banyak karena sudah ada 3 bandara di sana. Paling kereta dari samarinda,” ujarnya di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019) seperti dikutip dari Okezone com,

Nantinya, menurut JK, pembangunan transportasi yang akan dibangun di Ibu Kota baru adalah transportasi umum berbasis rel. Dia pun juga bisa memastikan kereta yang dubangun ini akan menggunakan energi ramah lingkungan seperti listrik.

“Kereta semuanya menggunakan listrik,” ucapnya seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  164.000 Ha Lahan Ibu Kota Baru Ini Dinyatakan Masih Dikelola Swasta

Sebagai infromasi, rencana pemindahan ibu kota negara Indonesia ke Kalimantan Timur tidak serta merta membuat pemerintah jadi mulai berpaling dari masalah-masalah yang timbul di Jakarta. Pemerintah berencana untuk menganggarkan yaitu sebesar Rp571 triliun untuk mengatasi masalah-masalah di Jakarta dalam bentuk regenerasi urban atau urban regeneration.

Anggaran sebesar Rp214 triliun untuk pembangunan jalur MRT dari sekitar 16 Km ke 223 Km, serta Rp60 triliun untuk pembangunan jalur LRT dari sekitar 5,8 Km ke 16 Km. Selain itu, kami anggarkan Rp27 triliun untuk meningkatkan 27 Km inner city railroad dan juga Rp4 triliun untuk revitalisasi 20.000 kendaraan transportasi publik.

Baca Juga  Maskapai Asing Bisa Jadi Solusi Karena Harga Tiket Yang Masih Mahal
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here