Giliran Petani Wonosobo yang Dapat Bantuan Alsintan

0

KabarUang.com, Jakarta – Kini giliran kelompok tani (Pokan) dan brigade di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah yang mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) sebanyak 48 unit. Diantaranya yakni 18 unit traktor roda dua, 2 unit cultivator, 13 unit pompa air, 10 unit power thresser dan 3 unit corn sheller mobil.

Ilustrasi via Twitter

Direktur jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementrian Pertanian, Sarwo Edhi mengatakan bahwa alsintan ini dibagi melalui dua sistem. Pertama yakni melalui hibah kelompok tani yang jumlahnya 35 unit. Kedua melalui brigade kecamatan sebanyak 13 unit.

“Melalui bantuan ini, kami berharap yang pertama bisa menjadi solusi terkait semakin sulitnya tenaga kerja di bidang pertanian. Kemudian yang kedua, bisa sebagai upaya percepatan tanam, yang ketiga adalah untuk menurunkan biaya produksi,”ungkap Sarwo Edhi pada Jum’at (6/9) dilansir sindonews.com.

Baca Juga  Alsintan, Cara Kementan Pikat Milenial untuk Bertani

Beliau menambahkan, petani dipersilakan memanfaatkan bantuan yang tersimpan di brigade setwmpat. Petani hanya perlu membuat surat permohonan peminjaman melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di wilayahnya masing-maisng.

“Di Brigade Alsintan tersedia berbagai alat pertanian modern. Semuanya dalam kondisi baik,”tambahnya. Dia mengataka bahwa alsintan tersbeut dititipkan Kementan untuk membantu petani dalam rangka mewujudkan swasembada tanam. Perihal peminjaman, petani yang ada hanya perlu koorfinasi dengan Babinsa lalu membuat surat permohonan yang berisi penimjaman asintan melalui Gapoktan.

Baca Juga  Kementan Berhasil Tingkatkan Ekspor Produk Hingga 500 Persen

“Mekanisme peminjaman tersbeut untuk memperjelas siapa yang bertanggung jawab atas peminjaman. Silakan membuat surat melalui Gapoktan. Kalau slasintan yang dimaksud terdia atau tidak sedang dipakai petani lain, bisa langsung dipakai,”ungkapnya.

Adanya bantuan ini diharapkan mampu mengakselerasi proses aktivis pra panen dan pasca panen. Terlebih saat turun tanam da panen raya, serta mampu mengatasi permasalahan keterlambatan. “Serta bantuan ini dapat dimanfaatkan secara optimlas tani dan brigade kecamatan,”harapnya.

Baca Juga  Menteri Amran Disebut Belum Swasembada Pangan, Pakar Bilang Itu Anggapan yang Salah

Beliau berpesan kepada petani yang sudah menerima bantuan ini agar memelihara alat tersebut dengan baik, agar nantinya bisa digunakan lagi oleh petani lainnya. “Gunakan bantuan alat dan mesin pertanian ini seuai dengan fungsinya. Saya berharap bantuan ini bisa mempermudah pertani dalam mengolah lahan pertanian,”tutupnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here