Cita Rasa 8 Jenis Kopi Indonesia, Kamu Pilih Yang Mana?

0
ilustrasi via jagatngopi com
ilustrasi via jagatngopi com

KabarUang.com , Jakarta – Indonesia punya beragam kekayaan alam yang patut dibanggakan, salah satunya kopi. Uniknya lagi, setiap daerah di Indonesia memiliki jenis kopi berbeda dengan rasa yang khas. Penasaran sama rasanya?

Black Eye Coffee menawarkan tujuh kopi jenis arabika dari berbagai daerah antara lain Aceh, Toraja, Jawa, Bali-Kintamani, Sumatra, Flores, Peaberry, dan satu kopi jenis robusta dari Lampung. Bedanya arabika dan robusta pada rasa khas kopi. Kalau kopi arabika cenderung asam maka robusta memiliki rasa pahit.

Baca Juga  Tips 10 Makanan yang Harus Dihindari demi Perut Rata

Dimulai dari Jawa, jenis sweet coffee di mana pahitnya sangat sedikit dan rasa asamnya cenderung di level medium. Lalu ada kopi dari Bali-Kintamani dengan tingkat asam lebih tinggi serta rasa pahitnya pun cukup kuat.

“Seperti sedang minum kopi pahit campur kulit jeruk. Asam dan pahit kuat,” ujar Barista Black Eye Coffee, Agus Chandra.

Selanjutnya ada tiga jenis kopi dengan rasanya yang unik. Untuk Flores memiliki rasa asam dengan paduan tembakau di mana rasanya cukup ringan dengan rasa pahit di akhir. Kemudian ada kopi  Toraja yang pekat dengan paduan asam dan dark chocolate. Terakhir kopi dari Sumatra-Mandailing yang asam dengan tambahan kekayaan rasa rempah.

Baca Juga  Resep Kolak Pisang Nikmat Untuk Berbuka Puasa

“Kalau Aceh Gayo asam dan pahitnya pas kemudian after taste clean. Lalu Peaberry, dia asam pahitnya less dengan ada rasa fruity,” jelasnya.

Untuk satu jenis kopi robusta yang dari Lampung, karakternya kental dengan rasa yang pahit. Biasanya akan terasa seperti aroma tanah basah.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here