Cetak Pemimpin Masa Depan, Jabar Adakan Program Beasiswa Jabar Future Leader (JFL)

0

KabarUang.com, Bandung – Cetak pemimpin masa depan Tanah Pasundan, Provinsi Jawa Barat adakan program Beasiswa Jabar Future Leaders (JFL) 2019.

Ilustrasi via Pindainews

Dewi Sartika selaku Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jabar memaparkan sejumlah latar belakang dibentuknya JFL 2019. Bukan hanya untuk menyiapkan pemimpin Jabar di masa depan, tapi juga untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi (PT) bagi peserta didik yang berpotensi.

“JFL 2019 juga bertujuan untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) Jabar yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial serta mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat,”ungkap Dewi Sartika pada Rabu (4/9) dilansir bisnis.com.

Beliau mengatakan beasiswa JFL 2019 ini berlaku untuk mahasiswa jenjang Strata 1 (S1), S2, dan S3. Terdapat empat kategori dalam JFL 2019 yakni jalur akademik maupun non akademik. Pertama beasiswa pendidikan penuh untuk S1 tersedia bagi 400 mahasiswa. Kedua, beasiswa pendidikan penuh jenjang S2 diperuntukkan bagi 157 mahasiswa. Selanjutnya untuk S3 ada sekitar 50 mahasiswa. Terakhir yakni beasiswa percepatan akses pendidikan tinggi jenjang S1 sebanyak 750 mahasiswa.

Baca Juga  Listrik Mati Berjam-jam, YLKI: Merugikan Semua Sektor Usaha

Sementara, untuk jalur beasiswa JFL 2019 non-akademik mencapai 358 mahasiswa. Rinciannya yakni 130 mahasiswa jenjang S1 yang berprestasi di bidang keagamaan, 83 mahasiswa jenjang S1 yang berprestasi di bidang atlit, 85 mahasiswa jenjang S1 yang berprestasi di bidang kesenian dan 85 mahasiswa jenjang S1 yang berpestasi di bidang organisasi.

Beasiswa ini nantinya akan tersebar di 10 universitas terakreditasi A bagi jenjang S1 dan S2. Sementara untuk jenjang S3 ada di 11 universitas. Sedangkan untuk kategori percepatan akses pendidikan tinggi S1 berlaku di 105 universitas – minimal terakreditasi B – dan beasiswa ini berlaku untuk satu tahun.

Baca Juga  Kesepakatan Pengembangan Blok Masela Dinanti Dan Mulai Pengaruhi Investasi

Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini juga akan mendapatkan pendampingan atau pelatihan doft skill. Hal ini dilakukan agar upaya Pemdaprov Jabar bisa mencetak pemimpin masa depan. Maka dari itu, salah satu materi yang akan didapatkan berkaitan dengan kepemimpinan.

“Kita berupaya menjadikan generasi muda di Jabar sebagai calon-calon pemimpin masa depan dengan pembinaan kepemimpinan dan kemandirian secara individu maupun kelompok,”ujarnya.

Proses pendaftaran JFL serta seleksi berkasnya akan dilakukan pada 9 hingga15 September 2019. Kemudian, pada tanggal 16 September hingga 4 Oktober 2019, seleksi dilakukan oleh perguruan tinggi. Lalu seleksi tahap akhir akan dilakukan oleh Pemdaprov Jabar pada 7 hingga 18 Oktober 2019. Pengumumannya dilaksanakan pada 21 Okober 2019.

Baca Juga  Tol Banda Aceh-Sigli Seksi 4 Dinyatakan Akan Rampung Pada Akhir Tahun Ini

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here