Cari Uang Lewat Podcast? Ini Dia Tips Nya

0
ilustrasi via the verge com
ilustrasi via the verge com

KabarUang.com , Jakarta – Di era digital seperti saat ini, tersebar luas sumber yang bisa menghasilkan pendapatan. Salah satunya memanfaatkan kehadiran platform podcast, yakni siaran yang dikemas dalam format digital.

Podcast saat ini banyak digandrungi oleh generasi muda. Topik-topik yang mereka sukai pun beragam, mulai dari fesyen, soal percintaan, kehidupan pribadi, hingga tips investasi.

Belakangan profesi seperti Youtuber, vlogger maupun influencer disebut-sebut menjamin pelakunya buat mendapatkan cuan banyak. Eits! Jangan salah, dengan membuat saluran podcast sendiri, kamu juga bisa mendapatkan banyak uang kok.

Bagaimana caranya? Berikut simak tipsnya:

1. Mencari tema podcast yang tepat

Mengutip dari Career Addict, cara membuat podcast yang pertama adalah dengan menentukan topik pembahasan. Usahakan nih kamu memilih tema yang bakal tren dan menjadi trademark saluran podcast kamu.

Baca Juga  Untuk Kembangkan Sayapnya, Gojek Beli Saham Blue Bird

Banyak topik yang bisa kamu pilih dari hal kecil dengan aktivitas sehari-hari atau mengulas tema mengenai event tahunan atau konser. Saat bikin saluran atau channel podcast ini, usahakan kamu mengulasnya mendalam lalu gunakan gaya bahasa yang enak didengar.

2. Pilih platform media sosial

Saat ini terdapat banyak platform media sosial yang beredar di internet agar bisa menampilkan hasil karya seseorang. Mulai dari paling umum, seperti YouTube, Instagram, dan Facebook hingga yang terbilang anti-mainstream di platform berbagi musik, seperti Spotify. Gak ada salahnya juga bila kamu mencoba satu per satu. Tapi kalau dirasa itu memakan waktu buat kamu, bisa kok mencari platform yang sekiranya sesuai dengan topik yang dipilih.

3. Nama dan desain logo harus menarik

Baca Juga  Ini Tugas Khusus, Menperin Ternyata Bocorkan Perpres Mobil Listrik

Cara membuat podcast yang benar selajutnya adalah dengan mencari nama channel kamu. Bikin nama channelmu yang mudah diingat oleh pendengar. Selanjutnya, desain logo juga sangat penting untuk menunjang suksesnya saluran podcast milik kamu. 

Usahakan menggunakan nama yang enggak terlalu panjang dan mudah diucap orang. Selain itu, logo juga mampu memberi impresi tersendiri buat sebagian orang.

4. Perlengkapan harus memadai

Buat di poin ini, kamu mau enggak mau harus menyediakan perlengkapan yang memadai dan otomatis harus keluar biaya. Tapi, kamu juga bisa menyiasatinya dengan meminjam. Perlengkapan yang diperlukan di antaranya, microphone dan provider internet yang oke merupakan cara yang memudahkanmu dalam membuat podcast.

5. Merencanakan topik atau konten yang menarik

Cara membuat podcast kelima yang enggak kalah penting adalah dengan mempersiapkan materi atau konten nantinya bakal disajikan ke pendengar. 

Baca Juga  4 Daftar Podcast yang Bisa Menenangkan Harimu

Usahakan konten yang kamu buat itu berbeda dengan channel lainnya agar bisa menarik lebih banyak viewers. Bikin channel semenarik mungkin agar pendengar bisa menikmatinya. Materi yang dibawakan juga usahakan selalu up to date maupun tengah hangat diperbincangkan nih.

6. Evaluasi per episode yang udah published

Tips terakhir adalah kamu harus rutin mengevaluasi konten atau video yang telah di publish di media sosial. Kamu bisa menanyakan orang terdekat seperti teman, keluarga atau langsung ke narasumber yang udah memiliki pengalaman. Di situ kamu bisa minta koreksi dari pendengar yang datang dari kalangan terdekat.

Dengan begitu , sedikit demi sedikit usaha yang kamu buat bakal menjadi lebih baik dengan adanya ciri khas. 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here