5 Makanan yang Tidak Baik Disimpan dalam Jangka Waktu Lama di Dapur

0

KabarUang.com, Jakarta – Dapur adalah tempat dimana kita seringkali menampung beragam jenis makanan. Bukan hanya makanan, banyak peralatan dapur yang juga ada disana. Namun sayangnya, banyak orang kurang memperhatikan kebersihan dapurnya. Padahal, arena dapur sangat rentan terkontaminasi bakteri.

Ilustrasi via Merdeka

Menurut Insider Food, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan yakni seperti menjaga kebersihan peralatan dapur hingga bahan makanan yang mungkin tidak terpakai lagi. Nah, berikut ini daftar makanan yang tidak boleh disimpan terlalu lama di dapur dilansir linetoday.com.

Rempah-rempah

Siapa yang tidak tahu makanan yang satu ini. Setiap dapur pasti memiliki stok rempah-rempah untuk memasak. Bahkan kebanyakan dari Ibu zaman now, menyediakan stok rempah yang banyak karena berpikir bahwa rempah bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Padahal, kualitas rempah ini akan terus menurun seiring berjalannya waktu.

Baca Juga  Lewat Ubud Festival Lahir Asuransi Pedas Pertama di Dunia

Meski hal ini tidak akan membuatmu langsung sakit atau keracunan tetapi kualitas rasanya akan menghilang. Sejatinya, bumbu masak itu bisa kehilangan aroma dan rasa setelah disimpan lebih dari satu tahun. Nah, cara yang bisa anda lakukan untuk menentukan apakah rempah yang anda miliki masih layak digunakan atau tidak adalah dengan mencium baunya. Jika sekiranya aroma itu menghilang atau tidak tercium bau basi, maka rempah itu harus segera anda buang.

Minyak goreng yang dipakai berulang kali

Selanjutnya adalah minyak goreng. Biasanya sebagian dari Ibu rumah tangga sering sekali menggunakan minyak goreng berulang-ulang. Namun, tahukah anda ? Menurut para ahli kesehatan, penggunaan minyak goreng berulang-ulang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Karena kadar kolestrol didalamnya bisa menyebabkan kanker serta menyerang sel-sel di dalam organ tubuh. Bukan hanya itu, kadar kolestrol yang ada dalam minyak goreng juga bisa mengontaminasi sel darah putih. Hal ini bisa mempengaruhi kekebalan tubuh anda.

Baca Juga  Pekerja Kantoran Sering Abaikan Kesehatan Kulit Ini

Sisa makanan dalam kulkas

Selanjutnya, jika anda termasuk orang yang suka menyimpan makanan sisa dalam kulkas, anda harus waspada. Terlebih jika makanan yang anda miliki berubah tekstur, warna atau baunya. Pasalnya menurut Mayo Clinic, pada beberapa kasus makanan yang dimasak lebih dari tiga atau empat hari bisa menyebabkan keracunan makanan.

Nah, agar terhindar dari hal ini, yang anda bisa lakukan adalah mencatat kapan anda memasukan sisa makanan kedalam kulkas. Hal ini bisa dilakukan agar kulkas anda tertata rapi karena tidak lagi ada sisa makanan.

Baking powder

Selanjutnya baking powder. Kualitas baking powder umumnya bisa menurun jka terkena paparan atau kelembaban udara. Jika sudah terkena paparan berlebih kualitasnya akan berkurang. Hal ini menyebabkan rasa pada makanan menjadi tidak enak.

Baca Juga  Dalam Ruangan Juga Bisa Polusi Udara, Yuk Kenali Tips Agar Terhindar dari Polusi Udara Dalam Rumah

Sedangkan jika disimpan dengan benar, baking powder bisa bertahan selama enam bulan hingga satu tahun. Jika lewat dari masa itu, sebaiknya anda membuang baking powdernya.

Saus

Terakhir adalah saus. Saus menjadi salah satu penyedap makanan yang selalu ada di dapur. Namun, sayangnya banyak yang menyepelekan cara menyimpan saus yang benar. Menurut Mayo Clinic, saus yang terbuka lebih dari satu minggu bisa membentuk jamur yang berbahaya. Nantinya ketika dikonsumsi bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here