7 Keuntungan Investasi Emas

0
ilustrasi via beritasatu com
ilustrasi via beritasatu com

KabarUang.com , Jakarta – Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menambah pundi-pundi rupiahmu. Salah satunya adalah dengan investasi emas batangan.

Kenapa emas batangan? Sebab produk investasi yang satu ini harganya cenderung stabil. Jadi, kamu gak perlu takut rugi bandar deh.

Bahkan menurut Wahyu Tribowo Laksono, Analis Central Capital Futures, emas merupakan investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan.

Kalau dibanding dengan mata uang kertas yang pasti akan tergerus dengan inflasi, emas merupakan solusi buat mengamankan masa depan finansialmu.

Misalnya kamu membeli emas batangan 20 gram di tahun 2010 dengan harga Rp 300 ribu per gram. Saat itu kamu mengeluarkan uang sebesar Rp 6 juta.

Di tahun 2018, tepatnya tanggal 15 maret, harga emas beli di Pegadaian adalah sebesar Rp 583 ribu per gram. Kalau kamu memiliki 20 gram logam mulia, berarti saat dijual kamu akan memperoleh sebesar Rp 11.660.000.

Keuntungan yang kamu dapatkan dari investasi emas berarti sebesar Rp 5.660.000. Lumayan banget kan?

Karena itu, saat kamu mendapatkan rejeki nomplok, jangan dihabiskan untuk bersenang-senang aja. Belilah beberapa gram emas batangan agar uangmu semakin bertambah.

Baca Juga  5 Investasi Yang Menguntungkan

Biar makin mantap, berikut ini Wahyu menyebutkan lima keuntungan yang bakal kamu dapatkan jika memilih emas sebagai investasi.

1. Cocok buat investasi jangka panjang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, memiliki emas itu jauh lebih baik ketimbang punya mata uang kertas doang.

Pasalnya emas dapat bertahan terhadap arus inflasi. Kalaupun mengalami penurunan harga, waktunya pun hanya sesaat. Beda sama uang kertas yang gak punya nilai intrinsik dan bakal terus tergerus inflasi.

2. Investasi emas dapat dengan mudah dicairkan

Saat ada kebutuhan darurat dan membutuhkan uang tunai, investasi emas bisa jadi penolong kamu karena bisa dengan mudah dicairkan alias dijadiin duit lagi. Tinggal jual di Pegadaian, beres deh.

Coba kalau investasi properti atau reksadana. Dana kamu gak bisa langsung cair saat itu juga. Untuk properti, kamu mesti nunggu sampai properti kamu laku terjual. Sementara reksadana memiliki periode waktu tunggu kalau kamu mau redeem, biasanya 5-7 hari kerja.

Baca Juga  3 Keuntungan Investasi Emas di Bukalapak

3. Emas bisa dijadikan jaminan

Kamu butuh duit mendadak tapi gak mau jual emasmu? Tenang, emas juga bisa digadaikan untuk dapat dana cepat di Pegadaian.

Bahkan saat digadaikan pun nilainya relatif masih jelas dan rasional dibanding dengan benda lain, seperti laptop atau handphone.

4. Investasi emas sangat mudah dan murah

Keuntungan lain yang akan kamu dapatkan adalah investasi emas itu sangat mudah dan gak butuh modal gede.

Kamu bisa memulai investasi emas hanya dengan membeli 0,01 gram emas atau sekitar Rp 6.000-an aja lho.

Lewat program Tabungan Emas milik Pegadaian, masyarakat menengah ke bawah pun bisa berinvestasi emas. Berhubung harga 1 gram emas itu lumayan mahal, maka gak semua orang bisa beli produk ini kan. Nah, dengan Tabungan Emas, kasarnya kamu bisa beli emas secara nyicil.

5. Harga emas selalu naik

Salah satu alasan utama banyak orang yang memilih investasi emas adalah harganya yang selalu naik dari tahun ke tahun.

Baca Juga  Dolar Buat Harga Emas Berjangka Berkilau

Jika tahun ini harga emas per gramnya sebesar Rp 600 ribu, maka di dua tahun ke depan harganya bisa mencapai Rp 800 ribu. Kenaikan harga tersebut umumnya dipicu oleh tingkat inflasi.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk investasi emas, kamu bisa membelinya di banyak tempat seperti Pegadaian, PT Aneka Tambang (Antam), maupun di toko perhiasan emas.

Namun, disarankan agar kamu membelinya di Pegadaian atau Antam untuk menjamin keamanan dan kualitasnya.

6. Diversifikasi Investasi

Diversifikasi sangat bermanfaat untuk menurunkan tingkat resiko investasi yang Anda hadapi. Emas bisa menjadi salah satu pilihan diversifikasi untuk portofolio investasi yang Anda miliki.

Hal ini dikarenakan nilai emas seringkali berlawanan dengan pasar saham dan nilai mata uang.

7. Aset Untuk Melindungi Kekayaan

Emas bisa bermanfaat untuk melindungi aset dari tingkat inflasi dan krisis ekonomi yang sedang terjadi.arga emas akan cenderung meningkat dan menjadi lebih tinggi.

Hal ini tentu saja berbeda dengan uang tunai yang Anda pegang, dimana nilainya akan terus menurun saat terjadi inflasi.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here