7 Keunggulan Investasi Logam Mulia

0

KabarUang.com, Jakarta – Investasi memang banyak bentuknya, namun investasi logam mulia memiliki banyak keuntungannya. Keunggulan investasi logam mulia diantaranya yakni keuntungannya bisa berlipat-lipat, biaya perawatannya murah, serta modalnya relatif kecil. Selain itu, logam mulia juga sudah diakui secara internasional. Itulah yang membuat investasi logam mulia memiliki banyak keuntungan. Berikut ini keunggulan investasi logam mulia.

Ilustrasi via SunLogamMulia

Profit yang besar

Seperti yang sudah dikatakan di awal, memilih logam mulia sebagai investasi adalah hal yang menguntungkan serta banyak keunggulannya. Keunggulan investais logam mulia yang pertama ialah anda akan memperoleh profit yang besar. Hal ini karena harga logam mulia di pasaran terus meningkat dan jarang sekali turun. Anda bisa mendapatkan keuntungan rata-rata sebesar 20%.

Nilainya diakui secara Universal

Selanjutnya keunggulan investasi logam mulia yang kedua adalah nilainya diakui secara universal. Hal ini karena emas atau logam mulia dikatakan sebagai mata uang. Anda bisa memperjualkan logam mulia di pasa universal. Mislanya seperti di London Builion Market Association dan Good Delivery it of Acceptable Refiners of Gold.

Baca Juga  6 Cara Investasi Properti

Likuiditas yang tinggi

Selanjutnya keuntungan investasi logam mulia adalah likuiditasnya yang sangat tinggi. Bahkan melampauiinvestasi di bidang properti, saham dan reksadana. Anda tidak perlu repot jika anda membutuhkan dana tunai. Anda hanya perlu pergi ke toko emas, ank syariah, pegadaian untuk mencairkan logam mulia menjadi uang. Tidak butuh waktu yang lama dan proses yang relatif cepat anda sudah bisa mendapatkan sejumlah uang dari hasil menjual logam mulia yang anda miliki. Selain itu, penguasaan likuiditas serta kontrol logam muliaberada sepenuhnya pada si pemilik logam mulia.

Harga stabil

Seperti yang kita ketahui, alasan berinvestasi logam mulia yakni harganya yang cenderung stabil. Harga logam mulia di pasaran ditentukan oleh pasar internasional serta tidak mudah untuk diintervensi. Hal ini karena nilainya terletak pada logam mulia itu sendiri. Beda halnya dengan mata uang yang nilainya sewaktu-waktu nilainya bisa didenominasi atau bahkan dipotong. Selain itu, inflasi juga tidak akan membawa pengaruh apapun terhadap harga logam mulia. Justru sebaliknya, jika di bidang lain mengalami kemmerosotan harga saat terjadinya inflasi di pasaran, harga logam mulia justru cenderung stabil saat inflasi. Selain itu harganya tidak akan pernah lebih rendah dari rata-rata inflasi itu sendiri.

Baca Juga  Kesepakatan Pengembangan Blok Masela Dinanti Dan Mulai Pengaruhi Investasi

Modal relatif kecil

Selain itu juga, keuntungan investasi logam mulia selanjutnya yakni modal relatif kecil. Sehingga investasi ini bukan hanya berlaku untuk masyarakat kalangan atas saja, namun kalangan menengah kebawah juga bisa melakukannya. Bahkan jika mau, pelajar pun bisa berinvestasi dengan logam mulia karena ada banyak ukuran yang bisa dipilih. Misalnya saja dari ukuran terkecil yakni 1 gram hingga 100 gram. Bahkan bisa lebih besar dari itu sekitar 250 hingga 1000 gram.

Perawatan dan penyimpanan mudah

Selanjutnya, keuntungan investasi logam mulia yang keenam yakni perawatannya cukup mudah. Selain itu hanya memerlukan biaya yang rendah. Misalnya, soal kepemilikan, anda bisa menyimpan logam mulia dimana pun yang anda mau. Anda bisa menyimpannya pada diri anda atau bahkan menyuruh orang lain untuk menjaganya. Dimanapun tempatnya, anda bisa dengan mudah memindahkannya jika anda mau.

Baca Juga  Akibat Dari Ketegangan di Timur Tengah Harga Minyak Melonjak Naik

Resiko investasi sedang

Selanjutnya, salah satu keunggulan investasi logam mulia itu juga memiliki resiko yang sedang. Maksudnya anda bisa merugi hanya jika logam mulia yang anda miliki hilang. Namun, anda bisa menyiasatinya dengan menyimpan logam mulia dengan cara safe deposit box. Selain itu bahan logam mulia sangat awet. Hal ini karena terbuat dari logam yang tidak terpengaruh oleh perubahan udara, benda cair, atau bahkan faktor lainnya. Anda bisa menyimpan logam mulia selama bertahun-tahun tanpa mengalami perubahan fisik. Hanya saja tetap memerluka perawatan serta penjagaan terhadap logam mulia yang anda miliki.

TSebagai tambahan, keunggulan investasi logam mulia juga tidak dikenai pajak. Hal ini karena logam mulia termasuk ke dalam kategori bahan baku, sehingga bebas pajak. Itulah ketujuh keunggulan investasi logam mulia yang harus anda ketahui. Semoga anda lebih bijak soal memilih investasi.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here