3 Tips Memilih Manajer Investasi Terbaik

0

KabarUang.com, Jakarta – Manajer Investasi atau MI adalah pihak baik perusaahan atau perorangan yang diberikan kewenangan untuk mengelola aset investor. Nantinya MI ini yang akan memilih serta memutuskan mana saja saham, obligasi, desosito atau surat berharga yang harus dibeli. Saat ini sudah banyak MI yang terdaftar di Indonesia, namun jangan khawatir dan bingung harus memilih yang mana.

Ilustrasi via Bareksa.com

Berikut ini tips memilih manajer investasi terbaik :

Pastikan sudah terdaftar di OJK

Tips pertama untuk memilih manajer investasi Saat ini sudah ada 76 perusahaan manajer investasi yang aktif dan mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK sendiri merupakan lembaga negara yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan termasuk perusahaan manajer investasi.

Untuk mengecek apakah manajer investasi terbaik itu sudah terdaftar di OJK atau belum sangatlah mudah. Caranya yakni anda bisa menanyakan secara langsung melalui hotline di area 1500655. Selain itu, anda juga bisa mengirimkan email kepada [email protected] untuk menanyakan hal tersebut. Pilihan terakhir yakni dengan cara membuka website http://www.ojk.go.id/apps.php?i=pird. Melalui tiga cara tersebut anda akan mengetahui mana manajer perusahaan investasi terbaik yang sudah terdaftar di OJK.

Baca Juga  Ini Dia Polemiknya Garuda Simak Fakta-Fakta

Jika anda masih merasa bingung dalam memilih investasi mana yang harus anda pilih, pastikan anda tahu soal penamaan investasi yang tepat. Hal ini karena biasanya manajer investasi terbaik itu menggunakan penamaan dasar seperti menggunakan kata Asset Management dan Investment Management. Kata ini ditulis menggunakan huruf kapital.

Salah satu pilihan manajer investasi terbaik yang bisa anda pilih yakni MNC Asset Managment. Perusaahan ini adalah manajer investasi terbaik yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak tahun 2011 lalu. Selain itu juga perusahaan ini sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Pasa Modal pada 25 Mei tahu 2000, dengan nomor 001/BAM/1X/99.

Pastikan performance perusahaan baik

Tips memilih manajer investasi terbaik selanjutnya yakni pastikan performance perusahaan baik. Hal ini perlu dilakukan agar anda lebih yakin dengan perusahaan manajer investasi tersbeut. Pastikan bahwa manajer investasi itu sudah berpengalaman dan sudah teruji.

Cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek performance perusahaan manajer investasi terbaik adalah dengan cara melihat fund fact sheet. Fund fact sheet ini berisi tentang kinerja produk reksa dana, informasi jumlah dana kelolaan, dan informasi portofolio. Biasanya fun fact sheet ini hanya satu lembar yang disana sudah dirangkum segala hal menyangkut performa manajer perusahaan tersebut.

Baca Juga  Investasi Pasar Modal Ini 3 Hal Yang Harus Diketahui

Namun, anda juga jangan tergiur dengan perusahaan yang sudah lama berdiri. Meskipun sudah lama berdiri, suatu perusahaan belum tentu bisa dikategorikan sebagai manajer investasi terbaik. Anda harus jeli dalam memilih manajer investais terbaik. Boleh jadi, ada perusahaan manajer investasi terbaik yang baru berdiri namun sudah sangat kompeten dalam menjalankan perusahaannya. Pastikan setiap produknya memiliki rata-rata pertumbuhan Compound Annual Growth Rate (CAGR) yang baik.

Pilihlah Manajer Investasi dengan kualitas pelayanan terbaik

Selanjutnya, tips dalam memilih manajer investasi terbaik bisa dilakukan dengan cara melihat pelayanan dari manajer investasi tersebut. Anda bisa mengetahui pelayanan suatu manajer investasi dengan cara menjadi nasabah di perusahaan manajer investasi terbaik itu. Selama menjadi nasabah itu, anda akan mengetahui bagaimana pelayanan yang akan diberikan oleh tenaga pemasaran.

Baca Juga  Harga Emas Antam Jadi Rp702.000/Gram Karena Turun Rp4.000

Dengan pengalaman berinteraksi dengan tenaga pemasaran inilah anda bisa menilai bagus tidaknya pelayanan yang diberikan. Begitulah, bisnis pengelolaan dana yang dijalani berdasarkan kepercayaan konsumen. Jika anda sudah terjun secara langsung, anda bisa menentukan rasa percaya anda untuk perusahaan manajer investasi mana yang akan dipilih.

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk memilih manajer investasi terbaik. Selain itu, apabila anda masih awam dalam dunia investasi, sebaiknya anda tidak memilih profil dengan resiko yang tinggi. Pelajarilah soal return dan resiko yang mungkin saja terjadi.

Setiap perusahaan memiliki karakteristik yang berbeda pada setiap produknya. Ada yang konservatif, moderat maupun agresif. Sesuaikan karakteristik ini dengan gaya berinvestasi yang sesuai dengan anda. Jadi, pastikan anda memilih perusahaan manajer investasi terbaik untuk mendapatkan pengalaman investasi yang menyenangkan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here