11 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

0

KabarUang.com, Jakarta – Investasi saat ini menjadi hal yang lumrah untuk mengatur keuangan masyarakat. Namun, sebelumnya anda harus mengetahui dahulu pengertian investasi menurut para ahli. Menurut KBBI sendiri, investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Sedangkan menurut ensiklopedia Indonesia pengertian investasi adalah penanaman modal atau penanaman uang dalam proses produksi dengan membeli gedung-gedung, mesin-mesin, bahan-bahan cadangan, penyelenggaraan uang kas serta perkembangannya.

Ilustrasi via Ubisnis

Sedangkan pengertian investasi menurut para ahli yakni :

Haming dan Basalamah

Pengertian investasi menurut para ahli yang pertama disampaikan ole Haming dan Basalamh. Menurut Haming dan Basalah pengertian investasi ialah pengeluaran pada saat sekarang untuk membeli aktiva real (tanah, rumah mobil, dan lain-lain) atau juga aktiva keuangan mempunyai tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi di masa yang mendatang.

Mulyadi

Selanjutnya pengertian investasi menurut para ahli lainnya disampaikan oleh Mulyadi. Pengertian investasi merupakan pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk mendapatkan hasil di masa yang akan datang.

Sadono Sukima

Pengertian investasi menurut para ahli selanjutnya disampaikan oleh Sadono Sukima. Menurut Sadono dan Sukima pengertian investasi ialah sebuah pengeluaran atau pembelanjaan penanam-penanam suatu modal atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan-perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang-barang dan jasa-jasa yang tersedia.

Baca Juga  Aksi Mahasiswa Tidak Akan Ganggu Investasi di Perbankan Sudah Dipastikan Oleh LPS

Lypsey

Pengertian investasi menurut Lypsey (1997) adalah pengeluaran barang yang tidak dikonsumsi saat ini dimana berdasarkan periode waktunya, investasi terbagi menjadi tiga diantaranya adalah investasi jangka pendek, investasi jangka menengah dan investasi jangka panjang.

Boediono

Pengertian investasi menurut para ahli selanjutnya disampaikan oleh Boediono. Investasi adalah pengeluaran oleh sektor produsen (swasta) untuk pembelian barang dan jasa untuk menambah stok yang digunakan atau untuk peluasan pabrik.

Deliarnov

Arti investasi menurut Deliarnov (1995) adalah pengeluaran secara keseluruhan yang mencakup pengeluaran secara keseluruhan yang mencakup pengeluaran untuk membeli bahan baku atau material, mesin-mesin dan peralatan pabrik serta semua modal lain yang diperlukan dalam proses produksi, pengeluaran untuk keperluan bangunan kantor, bangunan tempat tingal karyawan dan bangunan konstruksi lainnya, juga perubahan nilai stok atau barang cadangan sebagai akibat dari perubahan jumlah dan harga.

Baca Juga  Investasi Emas atau Dolar ? Ini yang Paling Untung!

Henry Simamora

Investasi adalah suatu aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk menambahkan atau pertumbuhan kekayaannya melalui distribusi hasil investasi (misal pendapatan bunga, royalty, deviden, pendapatan sewa dan lain-lain), untuk apresiasi nilai investasi, yang seperti manfaat yang diperoleh melalui hubungan dagang.

Fitz Gerald

Pengertian investasi menurut para ahli yang dismapaikan Fitz Gerald. Investasi adalah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber untuk yang dipakai untuk mengadakan sautu barang. Dari modal itulah maka akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang.

Martela dan Malinda

Pengertian investasi menurut Martela dan Malinda (2011) adalah bentuk penundaan konsumsi di masa sekarang untuk memperoleh konsumsi di masa yang akan datang, dimana didalamnya terkandung unsur resiko ketidakpastian sehingga dibutuhkan kompensasi atas penundaan tersebut.

Kasmir dan Jakfar

Arti investasi menurut Kamir dan Jakfar (2012) adalah penanaman modal dalam suatu kegiatan yang memiliki jangka waktu relatif panjang dalam berbagai bidang usaha. Penanaman modal yang ditanam dalam artian sempit berupa proyek tertentu baik yang bersifat fisik ataupun non fisik, seperti proyek pendirian pabrik, jalan, kembatan, pembangunan gedung dan proyek penelitian dan pengembangan.

Baca Juga  Jadi Korban PHK? Berikut Cara Cepat Dapatkan Pekerjaan Lagi

Sudono

Terakhir, pengertian investasi menurut para ahli disampaikan oleh Sudono. Menurut Sudono, definisi investasi adalah pegeluaran-pengeluaran untuk membeli barang modal dan sebuah peralatan produksi yang bertujuan untuk mengganti dan menambah sautu barang-barang modal dalam suatu perekonomian yang akan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa di masa depan.

Dari banyak pengertian menurut para ahli yang sudah disampaikan diatas, dapat ditarik sebuah kesimpulan. Investasi adalah sautu kegiatan menanam modal dalam jangka waktu tertentu baik untuk dibelikan peralatan produksi atau barang modal yang bisa digunakan di masa yang akan datang dan memberikan keuntungan yang besar.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here