UMKM Dituntut untuk Mengikuti Pasar Digital

0

KabarUang.com, Jakarta – Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementrian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto mengatakan bahwa pemerintah harus dorong UMKN untuk mengikuti dunia digital. Hal ini didasari oleh banyaknya pengguna internet di Indonesia yakni ada 171 juta orang lebih.

Ilustrasi via Gojek

“Artinya ini potensi pasar untuk pelaku UMKM bisa ke ekonomi digital. Dan ketika kita sudah masuk ke dunia digital, kita tidak lagi bicara tentang batasan wilayah,”ungkap Rulli pada seminar dan workshop yang bertemakan “Gojek Wirausaha #GerakanOnlineNusantara-UMKM Kreatif dan Mandiri kreasi Anak Bangsa”, di Jakarta, Selasa (27/8) dilansir inilah.com.

Kerjasama antara Gojek dan Kementrian

Acara itu dilaksanakan oleh enam lembaga yakni Kementrian Koordinator Perekonomian, Kemntrian Koperasi dan UKM, Kementrian Perindustrian, Badan Ekonomi Kreatif, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Direktorat Jenderal Pajak, Kementrian Keuangan. Selain itu bekerjasama dengan Gojek. Saat itu, Prof Rulli mengatakan bahwa dunia digital adalah dunia dengan perubahan yang cepat.

Baca Juga  UMKM Bisa Naik Kelas, Ini Dia Caranya!

“Anak-anak muda itu perubahannya sangat cepat, ini artinya teman-teman UMKN harus cepat mengikuti selera pasar,”jelasnya.

Intinya, Rulli mengajak UMKM untuk terus mengikuti perubahan pasar. “Yang namanya kreativitas dan inovasi salah salah satunya ditunjukkan dengan packaging. Kalau bicara packaging itu tidak biacara hanya bungkus. Packaging itu mewakili nilai-nilai sebuah produk dari para UMKM,”tegasnya.

Beliau mengatakan bahwa saat ini jumlah UMKM di Indonesia lebih dari 63 juta lebih. Bukan soal jumlahnya yang besar, namun penyebaran UMKM ini sudah menyebar di seluruh Indonesia. “Kalau UMKM kita ini bisa berkembang dan juga pemerataan kesejahteraan itu akan tercapai,”jelasnya.

Baca Juga  UMKM Terus Diperkaut Demi Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Pada kesempatan yang sama, Kepala Ekonomi Kreatif (Berkaf) Triawan Munaf mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kolaborasi yang dilakukan bersama Gojek dan Kementrian. “Indonesia sekarang merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Asia dimanfaat sebaik-baiknya oleh para pelaku ekonomi kratif dan UMKM di Indonesia,”ungkap Triawan.

“Pemanfaatan platform digital saya percaya mampu membuka akses bagi UMKM untuk naik kelas, mulai dari pasar yang lebih luas hingga pengelolaan usaha yang lebih baik. Kami berharap melalui Gojek Wirausaha – Gerakan Online Nusantara ini, UMKM kreasi anak bangsa dapat lebih kreatif dan mandiri,”tambahnya.

Baca Juga  Asosiasi UMKM Ungkap Keraguan soal PLN Siapkan Dana Kompensasi
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here