Tips Untuk Siap Masuk Bisnis Sebagai Seller Pemula

0
ilustrasi via dream co id
ilustrasi via dream co id

KabarUang.com , Jakarta – Banyak kisah wirausahawan sukses yang memulai bisnisnya mulai dari nol. Namun tetap saja bagi pelaku usaha pemula, terutama yang memulainya dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) atau juga para online sellers, pasti menemui banyak kendala saat menjalankan bisnis. Apalagi kini pasar digital membuat para pelaku usaha pemula ini dituntut lebih kreatif untuk menarik minat konsumen.

Di Indonesia, pemerintah terus mendorong pelaku UMKM dan online sellers meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya dengan memanfaatkan teknologi digital. Tak hanya itu, produk-produk UMKM juga diharapkan bisa menembus pasar ekspor dunia.

Bagi pelaku usaha UMKM pemula, berikut tips yang bisa dilakukan demi membantu UMKM untuk masuk ke bisnis pasar digital seperti dilansir dari Entrepreneur.

Baca Juga  Harga Minyak Yang Mulai Tergelincir di Tengah Kekhawatiran Baru Pada Perang Dagang

Penuhi Apa yang Dicari Pasar Digital

Bukan memperkenalkan produk dahulu, tetapi kamu harus tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar digital. Pengusaha pemula bisa masuk ke forum-forum online untuk mengetahui pertanyaan dan masalah yang paling banyak konsumen hadapi.

Pengusaha pemula juga bisa memulai riset dari kata kunci produk atau layanan yang paling banyak dicari melalui mesin pencari. Lalu mempelajari situs-situs produk kompetitor sehingga tahu potensi produk apa yang bisa dikembangkan nantinya. Produk kamu, harus bisa nih menjawab tantangan yang ada saat ini.

Baca Juga  Pemerintah Terus Genjot UMKM agar Terus Meningkat

Buat Konten yang Menarik Perhatian

Selanjutnya, tawarkan produk atau layanan dengan konten-konten yang menarik dengan tulisan, gambar, maupun video. Di sini pengusaha pemula juga bisa menambahkan keuntungan dari produk yang ditawarkan, testimoni dari konsumen, dan yang paling penting hal-hal yang harus meyakinkan konsumen. Ingat bahwa dengan banyaknya perusahaan yang berlomba-lomba memenangkan hati pelanggan, produk kamu tidak boleh kalah menariknya!

Jaga Reputasi Produk yang Ditawarkan

Masyarakat digital menggunakan internet untuk mencari kebutuhan hidup sehari-hari. Kontinuitas konten dan informasi yang ditawarkan dari produk yang dijual sangat penting. Pengusaha pemula harus terus menarik perhatian pengunjung melalui berbagai forum atau konten yang bisa dibagikan antar pengunjung.

Baca Juga  PT Tower Bersama Infrastructure Tbk Catat Pendapatan Sebesar 3,469 T

Manfaatkan Fitur Digital dari Jasa Kurir Online

Selain tiga langkah tersebut, pelaku usaha pemula juga harus bisa memanfaatkan fitur-fitur digital untuk memudahkan dalam menjalankan bisnis. Salah satunya layanan kurir online berbasis aplikasi milik Grab bernama GrabExpress yang kini memiliki empat fitur utama yang memang sengaja dirancang untuk para UMKM dan online sellers.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here