Tips Seimbangkan Karir, Keluarga dan Diri Sendiri bagi Ibu Pekerja

0

KabarUang.com, Jakarta – Pilihan menjadi seorang ibu yang bekerja sering kali membuat para Ibu merasa kelelahan karena harus menyeimbangkan segalanya. Ibu pekerja memiliki tanggung jawab serta profesi yang harus diseimbangkan. Namun, tidak perlu khawatir, sebagai Ibu pekerja anda bisa menyeimbangkan semua sekaligus.

Ilustrasi via Celebstopnews

Berikut hal yang bisa anda lakukan :

Jangan lupa perhatikan diri anda

Hal pertama yang terpenting menjadi seorang Ibu pekerja adalah jangan lupa perhatikan diri anda. Jika anda sehat, maka pekerjaan anda serta keluarga anda bisa anda urusi. Namun, jika anda saja tidak bisa menjaga kesehatan anda, maka anda juga tidak bisa menjaga kesehatan keluarga anda.

Hal ini snagat penting. Anda harus aware terhadap diri anda. Misalnya, jika anda sudah merasa lelah, maka beristirahatlah sejenak. Jangan anda paksakan hingga akhirnya anda jatuh sakit. -Jangan sekali-kali anda menyingkirkan perasaan lelah anda tanpa menelisik lebih dalam apa penyebabnya. Hal ini hanya akan membuat anda merasa lebih buruk dan jatuh sakit. Jadi, perhatikanlah diri anda.

Baca Juga  Tips Semprot Parfum agar Harum Seharian!

Kenali situasi

Selanjutnya anda bisa tanyakan pada diri anda sendiri apa yang membuat anda merasa lelah. Coba tutup mata anda sejenak, kenali situasi seperti apa yang sedang anda hadapi. Jika anda merasa pekerjaan kantor dan rumah berbentrokan. Anda bisa menentukan skala prioritas. Jika pekerjaan rumah seperti menjemput anak anda dari sekolah tidak mengganggu pekerjaan anda, maka anda bisa melakukan aktivitas sebagai Ibu rumah tangga. Begitu juga sebaliknya, jika memang ada pekerjaan kantor yang mendesak, mungkin anda bisa menyuruh anggota keluarga lain melakukannya. Jadi, kuncinya adalah kenali situasi dan pecahkan masalah.

Tenangkan diri

Tenangkan diri sendiri memang terdengar seperti klasik. Namun, sesungguhnya ini sangat penting. Akui segala perasaan anda. Jika anda merasa takut maka akui bahwa memang anda takut. Setelah itu, berilah sugesti kepada diri sendiri bahwa anda bisa. Dengan ini, anda juga bisa menguatkan anak anda jika anak anda merasa takut akan suatu hal.

Baca Juga  Tips Meningkatkan Minat Membaca, Yuk Baca Buku!

Jangan menghakimi diri sendiri

Biasanya banyak Ibu yang selalu menyalahkan dirinya sendiri ketika ada pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan. Hal ini adalah hal yang salah. Anda tidak akan menjadi Ibu yang lebih baik dengan menyalahkan atau menghakimi diri sendiri. Pesan batin yang buruk kepada diri anda sendiri hanya akan membuat anda makin kewalahan. Justru, ketika anda melakukan kesalahan, jangan terlalu banyak menghakimi diri sendiri. Anda bisa melakukan evaluasi diri tanpa perlu menghakimi.

Bersyukur

Selanjutnya, jika anda sudah bisa merasa tenang dengan segala keadaan, anda perlu melatih diri anda dengan rasa syukur. Rasa syukur ini penting. Dilansir bisnis.com sudah ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara rasa syukur dan penurunan stres. Semakin anda bersyukur maka anda akan semakin tenang. Stres pun akan hilang karena anda sudah bisa menerima keadaan dengan penuh rasa syukur.

Baca Juga  8 Buah Ini Mampu Atasi Mata Panda, Yuk Simak Ulasannya

Pandai mengatur waktu

Terakhir, hal yang terpenting adalah sebagai Ibu pekerja anda harus pandai mengatur waktu. Saat anda merasa stres karena waktu yang padat. Coba ambil napas perlahan, tenangkan diri dan ingatkan diri anda bahwa anda yang punya waktu. Waktu adalah milik anda, jadi anda harus bisa mengaturnya dengan baik. Tentunya dengan mengetahui mana skala prioritas yang harus anda ketahui.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here