Tips Negosiasi Gaji bagi untuk Fresh Graduate agar Kamu Dapat Gaji Maksimal!

0

KabarUang.com, Jakarta – Maraknya isu yang sedang diperbincangkan di media sosial tentang gaji fresh graduate, kamu yang baru saja lulus mesti berhati-hati. Pasalnya jika kamu menawarkan harga terlalu tinggi tapi kemampuanmu masih standar kamu akan jadi perbincangan.

Berikut ini tips agar kamu bisa bernegosiasi gaji dengan baik. Hal ini perlu kamu lakukan agar kamu mendapatkan gaji yang maksilam dari hasil penawaranmu.

Ilustrasi via DuniaKaryawan.com

Research

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah research. Sebelum kamu melamar suatu pekerjaan untuk suatu posisi, kamu harus tau soal kisaran gaji posisi yang ingin kamu lamar. Terlebih jika kamu adalah fresh graduate. Caranya kamu bisa buka situs lowongan pekerjaan yang menampilkan berapa kisaran gaji untuk fresh graduate. Jadi kamu tahu berapa kisaran gaji untuk skill kamu. Selain itu kamu juga harus mempertimbangkan lokasi perusahaan sesuai dengan Upah Minimum Regional (UMR). Seperti contohnya di Jakarta, UMR nya yaitu Rp 3.648.035.

Baca Juga  Ingin Memulai Bisnis dari Kecil ? Ini Tipsnya

Jangan fokus hanya dengan gaji tapi tunjangan juga

Hal kedua yang harus kamu lakukan adalah jangan hanya fokus pada gaji yang akan diberikan. Kamu juga harus tahu berapa tunjangan yang bisa kamu dapatkan dari perusahaan. Jadi, saat kamu melakukan negosiasi kamu harus memperhatikan beberapa aspek.

Aspek tersebut seperti alokasi dana yang harus kamu keluarkan untuk pajak, berapa besaran tunjangan kesehatan, besaran tunjangan dana pensiun dan sebagainya. Pastikan kamu mengetahui take home pay atau besaran gaji akhir yang akan masuk ke rekeningmu setiap bulannya.

Baca Juga  Mobil Matik Terendam Banjir? Ini 5 Hal Yang Harus Segera Dilakukan

Alasan

Terakhir kamu harus menyiapkan sebuah alasan. Yap, alasan mengapa perusahaan harus memberikan kamu gaji sebesar gaji yang kamu inginkan. Hal ini penting sekali karena hal ini juga yang akan jadi pertimbangan perusahaan untuk menggaji kamu. Alasan terbaik ialah karena anda memiliki skill yang dibutuhkan perusahaan. Boleh juga kamu mengatakan bahwa kamu sudah pernah berpengalaman sebelumnya karena kamu pernah mengikuti pelatihan atau kursus sesuai dengan bidang kerja yang kamu lamar.

Baca Juga  Liburan Ke Korea di Musim Dingin? Yuk Simak Tips Berikut Ini

Pesan penting yang perlu kamu ingat ialah kamu tidak boleh terburu-buru marah, ketika kamu tidak mendapatkan gaji sesuai dengan ekspektasimu. Kamu hanya perlu tetap antusias ingin bekerja di perusahaan tersebut. Perlu kamu ketahui, ada banyak pelamar yang akhirnya ditolak karena dia tidak memiliki kemampuan untuk bernegosiasi, seperti dilansir linetoday.com

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here