Tips Mudah Membuat Konten Medsos yang Menarik untuk Bisnis Onlinemu!

0

KabarUang.com, Jakarta – Maraknya bisnis online yang dibuat di media sosial memberikan tantangan tersendiri bagi kamu yang memiliki bisnis online. Hal ini dikarenakan kamu harus punya strategi untuk membuat konten yang menarik. Konten yang bisa kamu bagikan yakni berupa foto atau video pendek. Berikut tips membuat konten yang menarik untuk bisnis online.

Ilustrasi via Etalase Bisnis

Menurut Patrix Tenario dalam talkshow Meningkatkan Brand Awareness Melalui Konten yang Kreatif dan Inovatif ada 5 kunci utama yang harus diperhatikan. Seperti dilansir dari liputan6.com yakni :

Membuat rencana publikasi konten

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum posting ialah membuat rencana publikasi konten. Hal ini penting untuk kamu rancang dengan baik. Misalnya seperti apa konten yang akan dibuat, bagaimana cara membuatnya, hingga pada tahapan kapan konten tersebut akan di publikasikan.

Buat rencana untuk membuat daftar konten. Mislanya konten apa yang perlu diunggah setiap hari (daily timeline content), konten mingguan (weekly content) serta konten bulanan (monthly content).

Baca Juga  Meski Rasanya Asam Jeruk Nipis Punya Khasiat Banyak

Setelah kamu publikasikan ada baiknya kamu jug amelakukan analisi konten yang telah diagikan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui feedback yang diasilkan dari konten tersebut.

Tetapkan tema konten tepat sasaran

Setelah tahap perencanaan dilakukan, hal selanjutnya ialah konten yang dipublikasikan harus sesuai sasaran. Penting untuk kamu ketahui siapa yang akan jadi target sasaranmu. Apakah untuk anak-anak, remaja, orang tua atau sebagainya.

Jangan sampai konten yang kamu sampaikan salah sasaran. Cobalah untuk memposisikan dirimu sebagai audiens. Sehingga kamu tahu tema konten yang sesuai untuk audiensmu.

Kenali prinsip ATM (Amati-Titu-Modifikasi)

Ingat bahwa ini prinsip Amati-Tiru-Modifikasi. Bukan berarti kamu bisa mengambil konten orang lain lalu kamu upload ulang di akun bisnismu. Jika hal ini kamu lakukan yang ada kamu melanggar hak cipta.

Baca Juga  Twitter Pindahkan Aplikasi Platform-nya ke Sistem Blockchain, CEO Incar 4 Orang Sebagai Teamnya

Untuk itu ketika kamu mendapatkan konten yang dirasa cocok saat melihat konten bisnis orang lain, cobalah kamu amati. Amati apa yang membuat kamu tertarik melihatnya, amati pula bagaimana cara membuatnya. Setelah itu kamu coba tiru untuk membuatnya. Jangan lupa beri sentuhan yang berbeda atau modifikasi agar konten yang kamu buat tidak terlihat sama dengan orang lain. Malah justru harus lebih bagus dari orang lain.

Konsisten

Kunci keempat yakni konsisten. Konsisten ini perlu kamu terapkan dalam menata konten bisnis online mu. Hal ini dikarenakan dalam bisnis online, penawaran produk tidak hanya dilakukan dengan cara hard selling saja tapi juga soft selling.

Jika kamu tidak konsisten dalam bisnismu, audiens pun akan merasa kamu tidak serius dalam menjalani bisnis. Konsisten juga membuat bisnismu mudah dikenali karena seringnya produkmu tampil di timeline.

Jangan malu memamerkan karya sendiri

Nah kunci terakhir adalah kamu harus percaya diri. Sikap malu memamerkan karya sendiri hanya akan membuat kamu terlalu lama bertindak dalam mempromosikan bisnismu. Kamu perlu melalui proses trial and error dalam sebuah bisnis.

Baca Juga  Kartu Prakerja di Prioritaskan Bagi Pekerja Informal Terkena PHK dan UMK

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk terus mencoba. Meskipun akan terjadi kegagalan, kamu tidak boleh putus asa. Justru kamu harus belajar untuk memperbaiki kesalahan agar kontenmu bisa semakin menarik lagi.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here