Tips Atur Keuangan agar bisa Tunaikan Kurban Setiap Tahun

0

KabarUang.com, Jakarta – Hari Raya Kurban sebentar lagi, bagi anda yang sudah membeli hewan kurban, anda beruntung. Bagi anda yang belum bisa membeli ewan kurban, Yuk simak tips ini agar bisa tunaikan kurban di tahun depan.

Ilustrasi via Riau Time

Hari Raya Dzulhijah sebentar lagi. Sebenarnya ada banyak ibadah yang bisa anda lakukan di bulan ini. Misalnya saja puasa sunnah arafah, puasa tarwiyah, memperbanyak ibadah sunnah dan yang paling utama adalah berkurban pada 10 Dzulhijah. Di Indonesia sendiri, ibadah kurban dilakukan dengan menyembeli kambing atau sapi.

Namun tidak semua umat Islam mampu berkurban. Alasannya beragam, salah satunya karena pengelolaan dana yang belum tepat. Salah satu diantara founder Helofina, Eko P Pratomo membagikan tips untuk mengatur keuangan agar bisa menjalankan ibadah kurban.

Baca Juga  Tingkatkan Penjualan Kurban Lewat Digital, Dompet Dhuafa Gandeng E-Commerce

Menyicil setiap bulan

Berhubung harga hewan kurban cukup tinggi. Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah menyicil setiap bulan. Maksudnya anda harus sisihkan dana untuk kurban setiap bulannya. Dari banyaknya gaji yang anda terima anda harus sisihkan setiap bulan untuk hewan kurban.

Sebagai contoh, jika harga kambing adalah Rp 2,4 juta, maka anda sisihkan Rp 200 ribu setiap bulannya. Dengan begitu anda bisa mengumpulan dana sebanyak Rp 2,4 juta dalam satu tahun. Hal ini berlaku untuk harga hewan kurban yang lebih tinggi atau rendah. Tinggal anda bagikan saja dengan 12 bulan. Itulah dana yang perlu anda sisihkan perbulannya, seperti dilansir tribunnews.com.

Menabung di tabungan pribadi

Selanjutnya hal yang bisa anda lakukan adalah menabung di tabungan pribadi. Karena waktunya relatif singkat, yakni satu tahun. Jangan sampai anda mengambil keputusan yang salah dalam menabung. Maksudnya kita harus memastikan dana tabungan kita tidak berkurang sedikit pun.

Baca Juga  Faktor yang Bikin Kita Susah Menemukan Passion!

Untuk itu tabungan pribadi adalah pilihan yang tepat. Jangan tabung uang anda dalam bentuk emas atau saham. Karena dalam waktu satu tahun kita tidak akan tahu hasil ke depan yang akan diinvestasikan. Yang terpenting adalah target untuk satu tahun, dana yang kita simpan bisa digunakan untuk berkurban.

Cara menyalurkan hewan kurban

Selain cara mengatur keuangan yang harus anda ketahui, selanjutnya anda harus tahu bagaimana cara menyalurkan hewan kurban. Cara pertama bisa ada salurkan sendiri, cara yang kedua yakni melalui lembaga kurban.

Baca Juga  4 Tips Dunia Kerja yang Wajib Diterapkan Agar Karir Melejit

Cara pertama bisa dilakukan dengan cara kita membeli hewan kurban. Setelah itu kita menyembelih hewan kurban sendiri. Lalu kita bagikan hewan kurban ke daerah sekitar rumah kita. Cara kedua yakni anda bisa menitipkan hewan kurban anda kepada lembaga kurban.

Kita tidak perlu repot menyemeli hewan kurban sendiri. Nantinya akan ada petugas yang akan menyembelihkan hewan kurban kita, kita hanya perlu menyaksikan saja. Lalu perihal pembagiannya pun biasanya ada petugas yang akan membagikan hewan kurbannya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here