Smarfren Cetak Pendapatan Menjadi Rp3,03 triliun Juni Lalu

0
ilustrasi via kumparan com
ilustrasi via kumparan com

KabarUang.com , Jakarta – PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) membukukan kenaikan pendapatan 19,17% menjadi Rp3,03 triliun pada semester satu 2019. Menatap semester dua, FREN targetkan bisa membangun lima ribu base transceiver station (BTS) baru.

“Kami ingin memperkuat jaringan di wilayah eksisting karena sudah mulai padat. Tapi juga kami ada perluasan ke daerah baru seperti Anambas dan Natuna. Dengan begitu, semoga pelanggan kami semakin banyak,” kata Direktur Utama FREN Merza Fachys.

Baca Juga  Kemenkeu Duga Proses Audit Garuda Indonesia Tak Mengikuti Standar Akuntansi

Menurutnya, perusahaan akan memprioritaskan pembangunan dan perkuasan ke area eksisting demi mencapai target 13 juta pelanggan baru. Adapun cakupan FREN sejauh ini baru di Jawa, Sumatera dan Kalimantan, dengan total 19.032 BTS di 200 kota.

Sepanjang Januari-Juni tahun ini, FREN tercatat mendapat keuntungan dari kurs mata uang asing, kenaikan penghasilan bunga, penurunan kerugian dari perubahan nilai wajar opsi konversi, penurunan beban bunga dan beban keuangan lainnya. Alhasil, rugi bersih perusahaan ini berkurang 35% yoy, dari Rp1,64 triliun menjadi Rp 1,07 triliun.

Baca Juga  Cara Unreg Kartu Smartfren Dengan Mudah Dan Cepat

Kenaikan pendapatan tersebut juga diikuti oleh peningkatan beban usaha FREN sebesar 10,43% yoy menjadi Rp 4,31 triliun. Pada periode sama tahun sebelumnya, FREN membukukan beban usaha sebesar Rp 3,9 triliun. Meskipun begitu, FREN berhasil mengurangi rugi usahanya, dari Rp 1,36 triliun pada semester I-2018 menjadi Rp 1,28 triliun pada paruh pertama tahun ini.Pertumbuhan pendapatan emiten operator seluler ini ditopang layanan data yang berkontribusi 94,7% terhadap pendapatan total FREN meningkat 18,9% secara year on year (yoy), dari Rp 2,41 triliun menjadi Rp 2,86 triliun. Peningkatan pendapatan juga terjadi pada lini bisnis non-data, jasa interkoneksi, dan bisnis lain-lain yang masing-masing berkontribusi sebesar 4,3%, 0,7%, dan 0,3% terhadap total pendapatan FREN.

Baca Juga  KPK Catat Luas Lahan Kelapa Sawit Bertambah, Penerimaan Pajak Berkurang

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here