Rayakan Hari Kemerdekaan, Para Pendaki Padati Puncak Merbabu

0

KabarUang.com, Boyolali – Pada 17 Agustus puncak merbabu akan dipadati pendaki. Para pendaki akan melewati jalur Selo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Ilustrasi via JejakMataBackpacker

Pada perayaan HUT RI ke-74 jumlah pendaki Gunung Merbabu yang sudah mendaftarkan diri melalui aplikasi booking online mencapai 1.000 pendaki. Hal ini dikatakan ole Kepala Sub Bagian Tata Usaha (TU) Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Johan Setiawan, Boyolali, Kamis (15/8).

Namun pihaknya akan membatasi jumlah pendaki yang akan berkunjung ke Merbabu agar tidak melebihi daya dukung yang ada. “Pendaftaran melalui aplikasi booking online dihadirkan untuk melakukan pendaftaran,”ujarnya.

Baca Juga  Ini Dia Masjid-Masjid Tertua Dan Unik Indonesia

Dia mengatakan bahwa jalur pendaian melalui Selu Boyolali itu masih menjadi favorit para pendaki. Karena di jalur Selo terdapat savana yang menjadi salah satu daya tarik dari Merbabu sendiri.

“Kami telah meyiapkan 500 hingga 700 orang sebagai daya dukung khusus para pendaki pada HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang,”ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga memberikan imbauan kepada para pendaki untuk tetap menjaga kebersihan kawasan Gunung Merbabu. Setiap pendaki wajib membawa turun sampah yang mereka bawa.

Bukan hanya itu, pihaknya juga melibatkan sukarelawan peduli Merbabu yang nantinya akan mengecek barang bawaan yang dibawa oleh para pendaki. Jika pendaki tidak membawa kembali sampahnya akan dikenakan sanski sosial. Bahkan , para pendaki juga dilarang membawa turun bunga edelweis yang dilindungi.

Baca Juga  Rankaian Destinasi Wisata Unik di Kota Malang Yang Wajib Kamu Coba

BTNGMb Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, sebelumnya sudah memasang closed circuit (CCTV) di jalur pendakian guna mempermudah pematauan aktivitas pendaki. Menurut Johan Setiawan, pemasangan kamera CCTV di pos pendakian Sabana dengan tiga arah bisa memudahkan petugas. Hal ini karena petugas bisa memantau secara jelas akitivitas yang dilakukan oleh para pendaki.

Salah, salah seorang pendaki asal Boyolali mengatakan bahwa jumlah pendaki pada HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus biasanya mencapai 5.000 orang lebih. Mereka diperkirakan akan berangkat pada Jumat (16/8) malam. Nantinya mereka akan tiba di uncak pada pagi hari dan menggelar pengibaran bendera merah putih.

Baca Juga  Ini Dia 15 Kota Paling Banyak Dihuni Oleh Miliarder

“Jika melihat cuaca di puncak Merbabu sangat mendukung dan cerah,”ungkapnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here