Program BUMN “Siswa Mengenal Nusantara” Hadir di Tarakan

0

KabarUang.com, Tarakan – BUMN kembali gelar program “Siswa Mengenal Nusantara”. Kini delegasi provinsi Kalimantan Utara ke Provinsi Kepulauan Riau yang digelar di Tarakan. Acara ini berlangsung selama 3 hari yakni pada tanggal 7 hingga 9 Agustus 2019.

Ilustrasi via Twitter

Acara ini diikuti oleh 23 siswa dari berbagai sekolah menengah atas di Kalimantan Utara (Kaltara). Disini para siswa dibekali ilmu pembuatan vlog, pengenalan dunia jurnalistik serta teknik penulisan berita.

Salah seorang instruktur, Datu Iskandar Zulkarnaen mengatakan bahwa tujuan pelatihan ini ialah mengenalkan jurnalistik. Selain itu juga diharapkan peserta dalam waktu singkat mampu membuat sebuah tulisan.

Dirinya menugaskan para siswa membuat sebuah “diary” atau catatan singkat perjalanan mereka dalam mengenal nusantara setiap hari. “Apakah menulis itu sulit?,”tanyanya pada acara seminar itu. Seketika dia menjawab pertanyaannya sendiri. “Menulis itu mudah,”ungkapnya yang sudah menulis 25 buku termasuk buku Roman Sejarah Hikayat Datu Lancang dan Puteri Asung Luwan itu.

Baca Juga  Laporan Keuangan Perusahaan Jasa, Pengertian, Jenis dan Komponen

Dia menjelaskan bahwa sebenarnya menulis itu mudah karena secara tidak langsung sudah dipraktikan setiap hari melalui posting status di media sosial. Tanpa sadar kita sebagai siswa rajin membuat status di media sosial yang sebenarnya itu adalah proses pembuatan tulisan.

“Ada hal menggugah, keresahan atau renungan untuk kita tuangkan dalam sebuah status di medsos. Sebelumnya, pasti ada pemilihan kata-kata dan gaya bahasa, sebenarnya kalian sudah membuat sebuah ‘karya tulisan’ saat membuat status di media sosial,”ungkapnya.

Baca Juga  Puncak Arus Mudik Lebaran Diprediksi Oleh Kemenhub Terjadi Pada 31 Mei

Namun perlu diperhatikan karena ada beberapa jenis tulisan yang memiliki persyaratan. Diantaranya karya tulis jurnalistik dengan kategori berita. “Khusus tulisan bernilai jurnalistrik tentu memenuhi syarat umum antara lain harus memiliki satu dari 10 kategori news values atau nilai-nilai beritanya,”jelasnya.

Kemudian bisa memenuhi syarat umum seperti ada unsur “5W plus 1 H”, menggunakan “piramida terbalik”, serta kalimat yang singkat, pada, lugas. Dia mengatakan kemampuan membuat tulisna itu harus diasah dengan salah satunya yakni rajin membaca.

“Hakikatnya penulis yang baik itu adalah pembaca yang baik, melalui membaca kita terus belajar, jadi jangan pernah merasa puas dengan hasil karya kita,”tambahnya.

Baca Juga  KPEI Catat Transaksi Harian Saham Sepanjang Tahun 2019 Sebanyak Rp.9,12 T

Kegiatan ini digelar oleh PT Telkom Indonesia (Persero). Selaku penanggung jawabnya yakni SMKN 2019 Provinsi Kaltara bersama dengan PT Pupuk Kaltim (Persero). Penanggun jawab acaranya yakni Perum Jamkrindo. Selaku penanggung jawab pelaksana kegiatan BUMN hadir untuk Negeri di Kaltara bersama diknas setempat.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here