Mulai Turunnya Kepercayaan Investor Eropa Berbisnis di Indonesia Lagi

0
Ilustrasi Berbisnis via kinibisa com

KabarUang.com, Jakarta – Kepercayaan investor Eropa terhadap bisnis di Indonesia masih tercatat cukup tinggi untuk periode tahun 2018/2019, berdasarkan Indeks Kepercayaan Bisnis Kamar Dagang Bersama Eropa tahun 2019 (Joint European Chambers Business Confidence Index 2019/BCI).

Dalam pemaparan hasil survei tahunan yang ke tujuh menyebutkan meski cukup tinggi, ditemukan bahwa adanya penurunan sentimen investor terhadap investasi di Indonesia pada 2019 menjadi hanya sekitar 60%, turun dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 62%.

Baca Juga  Peluang Bisnis di Ibu Kota Baru yang akan Laris Manis

Sekretaris Kehormatan Kamar Dagang Inggris di Indonesia (Britcham) yakni Nick Holder telah mengatakan kepercayaan investor Eropa terhadap investasi di Indonesia pada tahun 2019 masih lebih rendah dari periode tahun 2015 yang mencapai 71%

“Jadi progresnya bagus, tapi ada peluang untuk bisa lebih baik,” kata Holder di Jakarta, Jumat (9/8/2019) seperti dikutip dari Okezone com.

Ketua Dewan Eurocham Indonesia Corine Top, dalam kesempatan yang sama juga menjelaskan hasil survei BCI 2019 menunjukkan masih tingginya kepercayaan investor Eropa untuk terus berinvestasi di Indonesia ini.

Baca Juga  Pemerintahan Trump Laporkan Defisit Melonjak 26%, Akankah AS Diambang Resesi?

“Kami berharap dengan pemerintahan yang baru dan kerangka kebijakan untuk mendukung iklim usaha, itu bisa mendorong bisnis Eropa di Indonesia untuk terus tumbuh,” ujarnya seperti dikutip dari Okezone com.

Corine juga jadi mengatakan masih ada peluang besar bisnis antara Eropa serta Indonesia sehingga nantinya Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif atau juga Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) menjadi penting untuk segera rampung.

Baca Juga  Revisi 77 UU soal Investasi Akan Selesai Dalam Satu Bulan Kata Menko Darmin
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here