Kini Ada Aturan Untuk Berantas Ponsel Ilegal Ditargetkan Berlaku Pada Bulan Februari 2020

0
Ilustrasi Ponsel Ilegal via media skyerid id

KabarUang.com, Jakarta – Aturan mengenai ponsel ilegal atau black market atau yang disingkat BM ditargetkan akan mulai diterapkan pada tanggal 17 Februari tahun 2020 mendatang. Pemberantasan ponsel ilegal ini akan dilakukan dengan pemblokiran nomor identitas asli ponsel alias International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Dalam timeline penyusunan aturan tersebut direncanakan pada tanggal 17 Agustus 2019 dilakukan penandatanganan Peraturan Menteri (Permen) dari tiga pihak yakni Kementerian Perdagangan (Kemendag), lalu Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan juga Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Baca Juga  Mulai Februari 2020 Mendatang, Whatsapp Tak Bisa Pakai HP Jadul

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika atau yang disingkat dengan SDPPI Kemenkominfo Ismail menyatakan, usai penandatanganan permen tiga menteri tersebut maka pemerintah akan mulai menyiapkan sistem informasi basis data IMEI nasional (Sibina).

“Dalam tahap ini ada 8 hal yang harus diselesaikan untuk pemberlakuan sistemnya. Diperkirakan kami butuh waktu 6 bulan,” ujarnya dalam diskusi mengenai potensi kerugian akibat ponsel black market di Gedung Kemkominfo, Jakarta, Jumat (2/8/2019) seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Jokowi Kini Resmi Tandatangani PP Tentang Perdangangan Dengan Sistem Elektronik

Adapun kedelapan hal tersebut yakni penyiapan database IMEI, lalu pelaksanaan tes, sinkronisasi data operator seluler, kemudian sosialisasi, penyiapan sumber daya manusia (SDM), standar operasional prosedur (SOP) Kemenkominfo, Kemenperin, Kemendag, serta operator seluiler, serta penyiapan pusat layanan konsumen.

Sehingga dapat ditargetkan pemberlakuan pemblokiran IMEI pada ponsel ilegal bisa terlaksana di tanggal 17 Februari 2020. “Tentunya akan dilakukan evaluasi, jadi kalau bisa lebih cepat ya pemberlakuan akan dipercepat,” katanya seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  UMKM Bisa Naik Kelas, Ini Dia Caranya!
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here