Ingin Memulai Bisnis dari Kecil ? Ini Tipsnya

0

KabarUang.com, Jakarta – Banyak orang yang takut untuk memulai, apapun itu, tak terkecuali bisnis. Alasannya klasik, takut gagal, rugi, berhenti di tengah jalan dan masih banyak lagi. Namun kamu perlu mengambil langkah awal untuk memulai sesuatu, termasuk bisnis. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk membantu memulai bisnis :

Ilustrasi via Republika

Jangan banyak alasan

Alasan pertama tidak bisa memulai bisnis adalah banyak alasan. Alasan tidak punya modal, alasan takut gagal, alasan bingung bagaimana memulainya. Untuk itu, langkah pertama memulai bisnis adalah jangan banyak alasan. Jika kamu nyaman untuk membuat alasan, kamu hanya akan terjebak dalam lingkaran aman.

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah hadapi. Kekhawatiran soal kegagalan adalah hal yang wajar, namun jika kamu selalu takut, kamu tidak akan pernah bisa melangkah maju. Selain itu, banyak alasan juga hanya akan memperlambat untuk mencapai tujuan. Jadi, cara untuk mengatasi alasan-alasan itu adalah mencoba untuk ‘memulai’.

Baca Juga  Jika Waktu Bisa Kembali , Ini Dia Tanggapan Orang-orang Sukses

Terima masukan

Ketika berada di dunia bisnis, kamu perlu untuk menjadi seorang pendengar yang baik. Mendengar adalah kunci dari kesuksesan. Dengan mendengarkan kamu akan mendapat sesuatu (ilmu). Jadi jika ada teman, saudara atau siapapun itu yang memberikan kamu masukan, maka dengarkanlah. Apapun yang akan disampaikan oleh seseorang kamu harus mendengarkan semuanya. Setelah itu kamu bisa melakukan evaluasi terhadap bisnismu. Masukan itu bisa membuat kamu menjadi lebih baik lagi. Jadi, jangan abaikan kekuatan nasihat.

Pikirkan solusi

Setelah kamu mendengarkan, baik itu saran, masukan atau kritik tugas selanjutnya adalah pikirkan solusi. Ketimbang harus memikirkan apa yang harus kamu jual untuk bisnismu, lebih baik pikirkan apa yang menjadi masalah saat ini dan jadikan itu sebuah peluang. Hal ini jauh lebih mudah untuk mendapatkan segementasi pasar. Jadi ketahuilah apa masalah yang dihadapi target, lalu cari solusi untuk menyelesaikannya, seperti dilansir beritabisnis.com.

Baca Juga  Gojek - Pemkot Makassar Kerjasama Tingkatkan Pelayanan kepada Warga Kota Makassar

Buat hal yang sederhana

Bagi kamu yang baru ingin memulai bisnis, mulailah sesuatu yang sederhana. Ketimbang kamu harus memulai sesuatu yang rumit atau membuka sebuah bisnis besar namun akhirnya produk itu tidak laku di pasaran. Jadi, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memulai bisnis dengan sederhana. Misalnya menjadi reseller atau menjual produk makanan atau produk yang bisa kamu buat. Hal itu lebih mudah dibanding harus membuka toko yang membutuhkan modal besar.

Baca Juga  Traveloka Gandeng Jungle Ventures untuk Sama-sama Investasi di Startup Vietnam

Lalukan secara bertahap

Sebagai seorang pebisnis yang baru, kamu butuh banyak waktu untuk menghasilkan pendapatan tetap hingga bisnis bisa berjalan dengan sendirinya. Jadi ketika sudah terjun kedalam dunia bisnis kamu perlu melakukannya secara bertahap. Step by step.

Itulah tips memulai sebuah bisnis. Lakukan langkah pertama tanpa ragu, kamu harus yakin bahwa kamu bisa. Semangat.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here