Harga Minyak Mentah RI Naik Jadi Diangka USD61,32/Barel, Produksi OPEC Juga Merosot

0
Ilustrasi OPEC via neweurope eu

KabarUang.com, Jakarta – Merosotnya produksi Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi atau juga Organization of the Petroleum Exporting Countries atau yang disingkat OPEC mempengaruhi harga minyak mentah Indonesia atau juga Indonesian Crude Price (ICP) bulan Juli 2019. Tercatat, ICP pada bulan Juli 2019 mengalami peningkatan sebesar USD0,32 per barel menjadi USD61,32 per barel dari bulan Juni 2019, yaitu USD61,00 per barel.

Tim Harga Minyak Mentah Indonesia mengatakan, produksi minyak mentah OPEC pada bulan Juni 2019 turun yakni sebesar 68.000 barel per hari menjadi sebesar 29,8 juta barel dibandingkan bulan sebelumnya juga menjadi penyebab kenaikan harga minyak. Demikian juga seperti dikutip dari keterangan Kementerian ESDM seperti dikutip dari Okezone com, Minggu (11/8/2019).

Baca Juga  Luhut Binsar Pandjaitan Sarankan Indonesia Belajar Regulasi Investasi Dari Vietnam

Selain pemangkasan produksi minyak mentah oleh OPEC, peningkatan ketegangan geopolitik di Timur Tengah juga di tengarahi menjadi salah satu penyebab kenaikan ICP pada bulan Juli 2019. Beberapa isu yang muncul di antaranya adalah peningkatan pengayaan uranium Iran yang dianggap melanggar perjanjian Nuklir pada tahun 2015, penangkapan kapal tanker Iran di selat Gibraltar oleh Inggris serta 2 kapal tanker minyak Inggris di Selat Hormuz oleh Iran, serta juga pernyataan Presiden AS, Donald Trump, bahwa US Navy telah menembak drone milik Iran di Selat Hormuz.

Baca Juga  Gihon Telekomunikasi Kini Siapkan Belanja Modal Sebanyak Rp150 Miliar

Di kawasan Asia Pasifik sendiri peningkatan harga minyak mentah sangat dipengaruhi oleh penambahan kuota impor dari Pemerintah China kepada beberapa kilang di China dengan total 56,85 juta mt sampai bisa meningkatkan permintaan minyak mentah di China, serta juga peningkatan crude oil throughput di China sebesar 1,2% menjadi 6,6 juta barel per hari dan di Taiwan sebesar 1% menjadi 970 ribu barel per hari dibandingkan dengan awal pada bulan Juli 2019.

Baca Juga  Produksi Minyak di Lapangan Sukowati Tembus Di Angka 10.000 Barel
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here