Festival Indonesia di Moskow, Ajang Pamer Kebudayaan Indonesia

0

KabarUang.com, Moskow – Penyelenggaraan Festival Indonesia yang digelar di Moskow dijadikan ajang memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Acara itu digelar pada 2 hingga 4 Agustus 2019.

Ilustrasi via InilahKoran

Indonesia memamerkan berbagai produk kuliner serta kerjinan tangan dari berbagai daerah guna memperluas pasar komoditas nasional. Terdapat sekitar 177 gerai yang memamerkan keunggulan komoditas dari masing-masing daerah yang ada. Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Wahid Supriyadi mengatakan acara ini dihadiri oleh 1.000 peserta dari Indonesia.

“Festival Indonesia ini dihadiri oleh 1.000 peserta dari Indonesia dan 177 both dari berbagai daerah. Acara ini mempromosikan kedua negara, baik Indonesia di Rusia, dan Rusia di Indonesia,”ujar Dubes Wahid pada acara pembukaan Festival Indonesia, di Taman Krasnaya Presnya, Moskow, pada Jumat (2/8) dilansir antaranews.com.

Baca Juga  Dinamika Perdagangan Global, Berdampak Langsung Kepada Aliran Investasi

Beliau juga menjelaskan bahwa festival yang sudah digelar keempat kalinya ini sudah meningkatkan wisatawan Indonesia dan Rusia. Seperti yang tercatat pada data Kementrian Pariwisata RI, wisatawan Rusia tumbuh signifikan. Pada 2016 terdapat sekitar 68.000 pengunjung. Meningkat menjadi 125.000 pengunjung pada 2018.

Sementara wisatawan Indonesia ke Rusia juga meningkat. Pada tahun 2016 wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Rusia sekitar 5.000. Pada tahun 2018 tumbuh menjadi 31.000 pengunjung.

Baca Juga  Upaya Pemenuhan Bahan Baku, Pemerintah Segera Ajukan Impor Gula

Dari 177 gerai yang ada, gerai Provinsi Aceh adalah salah satu gerai yang selalu ramai pengunjung. Di gerai ini Provinsi Aceh menjual komoditas unggulannya, kopi Gayo. Kopi Gayo Arabika ini dibandrol dengan harga 600 rubel (Rp 130.343) hingga 800 rubel (Rp 173.791).

Teuku Satria Wira selaku Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, mengatakan bahwa Kopi Gayo ini sebelumny belum pernah tembus pasar Rusia. Untuk itu, dengan adanya ajang ini, dia ingin memperkenalkan Kopi Gayo kepada Rusia.

Baca Juga  Indonesia Berhasil Menjadi Salah Satu Pasar Terbesar GIM Asia Pasifik Lewat E-sports

“Saat ini kami rata-rata pangsa pasarnya masih sekitar Eropa Barat, umumnya Jerman. Dengan kegiatan ini, kami harap Kopi Gayo menjadi daya tarik karena cuacanya yang dingin, serta aroma kopinya yang pekat,”harapnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here