Ekspor RI Sudah Tidak Bisa Bergantung Lagi Pada AS dan China

0
Ilustrasi Ekspor via pepnews com

KabarUang.com, Jakarta – Memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat dengan China membuat ekspor Indonesia kini jadi semakin tertekan. Diperlukan solusi, supaya pendorong pertumbuhan ekonomi ini juga bisa dimaksimalkan.

“Kedua negara (AS dan China) adalah pasar mayoritas ekspor, jadi dampak sektor rill kelihatan bahwa ekspor ada perlambatan,” tutur Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti seperti dikutip dari Okezone com.

Ada dua hal yang bisa diupayakan agar ekspor RI kini mulai kembali meningkat. Pertama, mendiversivikasi produk ekspor dan juga kedua, bisa terjadi perluasan pasar.

Baca Juga  Indonesia Siap Pasok Olahan Ayam Untuk di Ekspor Ke Timur Tengah

Pertama, RI ke depan sangat diharap bisa mendiversifikasi produk dari komoditi base ke manufaktur dengan bahan baku yang bisa diproduksi sendiri. Kemudian, untuk yang kedua, saatnya melakukan perluasan pasar ekspor dari negara konvensional menjadi ke non konvensional.

“Makanya coba di buka di middle, Afrika memang ada masalah logistic karena jauh. Tapi tentu ada harapan efisiensi makin tercipta meski masalah itu bisa di atur lah,” tuturnya seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Kunjungan Wisatawan Di Yogyakarta Mengalami Penurunan Sekitar 25% Akibat Dari Tiket Pesawat Yang Mahal
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here