Belajar Sukses Investasi Masayoshi Son, CEO Perusahaan Asal Jepang

0
ilustrasi via techcrunch com
ilustrasi via techcrunch com

KabarUang.com , Jakarta – Kesuksesan SoftBank sejauh ini lahir dari hasil investasi yang baik pula, namun siapa sangka sosok Masayoshi Son sebagai CEO perusahaan asal Jepang itu berawal dari keyakinannya terhadap industri komputer yang akan merevolusi sektor komersil.

Melirik perjalanan sang CEO, Masayoshi Son lahir di Tosu, Jepang, pada 11 Agustus 1957. Meskipun Ia memiliki darah Korea, namun keluarganya mengadopsi budaya Jepang sehingga mereka memilih untuk memakai nama menjadi “Yasumoto”.

Saat kecil Son sangat tertarik dengan Chip Komputer karena ia yakin bahwa computer akan segera merevolusi sektor komersial. Padahal Son justru lulus dari University of California di bidang Ekonomi.

Baca Juga  Menkeu: Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pandemi Covid-19 Naik Jadi Rp 641,17 Triliun

Setelah menyelesaikan perkuliahannya, pada 1981 Son mendirikan SoftBank Corporation sebagai perusahaan internet dan juga telekomunikasi. Kemudian pada 1986, di perusahaan tersebut ia menjadi Chairman dan CEO SoftBank Corporation.

Kisah berlanjut di awal 2000, kala Son mulai bergabung dengan Yahoo di Japan, dimana ia dipilih untuk memimpin perusahaan tersebut sebagai Presiden dan CEO. Kemudian ia bergabung dengan BB Technologies Corporation, yang sekarang dikenal dengan SoftBank BB Corporation dan mendirikan Yahoo BB pada tahun 2001.

Baca Juga  Kemenhub Putuskan Perpanjangan Setifikasi Kapal Berbendera Indonesia

Berselang lima tahun kemudian, Vodafone sedang dalam masa krisis pada 2016 dan terpaksa menjual divisi mobile-nya ke SoftBank seharga 1,75 trilun Yen Jepang. Setelah akusisi selesai, SoftBank justru masuk dalam krisis. Sementara Yahoo BB masih berhasil mengakuisisi Japan Telecom dan menghapus beberapa kekurangan SoftBank.

Saat terjadi bencana nuklir Fukushima Daiichi di 2011, Son memiliki peran sentral dalam strategi pemulihan bencana nuklir tersebut dan membangun proyek tenaga surya di Jepang. Bahkan ia memiliki sikap dermawan saat menyumbangkan harta miliknya sebesar USD120 juta untuk membantu korban Tsunami Tohoku.

Baca Juga  Rupiah Pada Pagi Ini Menguat ke Angka Rp14.335/USD

Kini, SoftBank memiliki reputasi yang mapan di seluruh dunia terutama di sektor telekomunikasi sebagai investor kelas kakap. Ia pun dinobatkan sebagai orang terkaya di Jepang dan salah satu dari 10 orang terkaya di dunia.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here