Asian Games Langsung Pupuskan Ide Bung Karno Untuk Pindahkan Ibu Kota ke Palangkaraya

0
Ilustrasi Asian Games via bpg id

KabarUang.com, Jakarta – Wacana pemindahan ibu kota negara ke luar Jakarta yang ternyata sudah direncanakan sejak era Presiden Soekarno. Hanya saja, ide presiden pada pertama Republik Indonesia (RI) ini juga gagal, dikarenakan adanya penyelenggaraan Asian Games ketika itu.

Sejarahwan LIPI Asvi Warman Adam yang telah mengatakan, ibu kota harus pindah karena adanya faktor pendorong dan juga penarik. Dalam sejarah Indonesia, ketika pusat pemerintahan di pindah ke Yogyakarta ketika itu ada faktor pendorong yang dimana Jakarta dalam kondisi tidak aman.

Baca Juga  Wika Gedung Mulai Bukukan Kontrak Baru Dikisaran Rp4,9 Triliun

“Yogyakarta ditawarkan jadi pusat pemerintah karena ada situasi genting yang menjadi faktor pendorongnya. Begitu juga ketika Presiden sempat mengirim surat pembentukan pusat pemerintahan darurat di Bukit Tinggi, ada faktor darurat,” ujarnya, diskusi Polemik MNC Trijaya soal Gundah Ibu Kota Dipindah di D’consulate Resto & Louge, Jakarta, Sabtu (24/8/2019) seperti dikutip dari Okezone com.

Atas faktor tersebut, ketika Presiden Soekarno yang akan meresmikan provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur, dia melihat salah satunya cocok untuk menjadi ibu kota yang baru karena posisinya ada di Kepulauan Nusantara.

Baca Juga  Tol Fungsional Kayu Agung-Pematang Panggang Diberlakukan Satu Arah Pada Saat Arus Balik

Bung Karno pun sangat serius untuk bisa memindahkan ibu kota karena ketika itu sudah ada desain sederhana tentang Palangkaraya menjadi ibu kota baru. Dia pun juga meninjau langsung ke sana untuk bisa menindaklanjuti wacana tersebut.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here