Ajuan Aplikasi Tunjangan Pengangguran Menurun, Tenaga Kerja Tetap Kuat Dalam Situasi Ekonomi Yang Melambat

0
ilustrasi via share america gov
ilustrasi via share america gov

KabarUang.com , Washington DC – Jumlah orang Amerika yang mengajukan aplikasi untuk tunjangan pengangguran secara tak terduga turun minggu lalu, menunjukkan pasar tenaga kerja tetap kuat bahkan ketika ekonomi sedang melambat.

Laporan klaim pengangguran dari Departemen Tenaga Kerja pada hari Kamis, bagaimanapun, tidak sepenuhnya menjelaskan dampak dari eskalasi baru-baru ini dalam perang perdagangan pahit antara Amerika Serikat dan Cina, yang telah menyebabkan inversi kurva yield Treasury AS dan meningkat risiko resesi.

Kekhawatiran tentang efek perang perdagangan terhadap ekspansi ekonomi, yang terpanjang dalam catatan, mendorong Federal Reserve untuk memangkas suku bunga pekan lalu untuk pertama kalinya sejak 2008.

Baca Juga  Alibaba Bukukan Pendapatan Sekitar Rp239,4 Triliun, Meningkat Sekitar 42%

Pasar keuangan telah sepenuhnya memberi harga dalam pemotongan suku bunga bulan depan. Ekspektasi untuk pemotongan 50 basis poin pada pertemuan kebijakan 17-18 September juga meningkat.

“Klaim awal telah mengirim pesan optimis tentang kondisi di pasar tenaga kerja,” kata Daniel Silver, seorang ekonom di JPMorgan di New York. “Laporan hari ini kemungkinan tidak mengandung banyak informasi tentang periode tersebut sejak meningkatnya ketegangan perdagangan baru-baru ini.”

Baca Juga  Indonesia Butuh 10 Juta Tenaga Kerja di Era Industri 4.0, Mau Bergabung ?

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara turun 8.000 ke 209.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 3 Agustus, kata pemerintah. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan klaim tidak akan berubah pada 215.000 dalam minggu terakhir.

“Meskipun volatilitas pasar ekuitas dan imbal hasil obligasi rendah mendorong pesimisme tentang prospek ekonomi … kita harus melihat klaim awal menopang kenaikan ke level 250.000 untuk khawatir tentang resesi,” kata John Ryding, kepala ekonom di RDQ Economics di New York.

Baca Juga  Perkembangan Teknologi Sangat Mempengaruhi Industri Bisnis Makanan dan Minuman Masa Kini

Saham A.S. diperdagangkan lebih tinggi sebagian karena data Tiongkok yang tidak terduga lebih baik dan stabilnya yuan, yang memberikan beberapa bantuan kepada investor yang khawatir dengan kenaikan ketegangan perdagangan AS-China. Dolar sedikit berubah terhadap sekeranjang mata uang, sementara harga Treasury AS turun.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here