ADB Sudah Siapkan Pembiayaan Khusus Untuk Menangani Bencana Alam

0
Ilustrasi Uang via beritagar id

KabarUang.com, Jakarta – Bank Pembangunan Asia atau ADB telah mengumumkan mekanisme pendanaan baru, yang disebut dengan pembiayaan kontinjensi bencana atau CDF atau dengan kata lainnya yakni contingent disaster financing.

Yang ternyata memang sudah dirancang untuk mendukung negara-negara berkembang yang menjadi anggota bank dalam memperkuat kesiapsiagaan bencana dan juga menyediakan pencairan cepat dukungan anggaran setelah bencana alam.

“CDF akan menyediakan sumber dana yang cepat dan fleksibel untuk negara-negara berkembang yang terkena dampak bencana sampai dana dari sumber lain tersedia,” kata Direktur Jenderal Strategi, Kebijakan dan Tinjauan ADB, Tomoyuki Kimura, Kamis (1/8/2019) seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Ekonom Nilai Kinerja Perekonomian 2018 Tunjukkan Capaian Baik

“Ini juga akan membantu meningkatkan kesiapsiagaan dan manajemen risiko yang lebih besar di negara-negara berkembang yang rentan terhadap bencana,” tambah Kimura seperti dikutip dari Okezone com.

Asia-Pasifik adalah suatu wilayah paling rawan bencana alam di dunia. Antara 2014 dan 2017, negara-negara di kawasan itu mengalami sekitar 55 gempa bumi, kemudian sebanyak 217 badai dan topan, serta 236 kasus banjir parah, mempengaruhi 650 juta orang dan juga menyebabkan sekitar 33.000 kematian, menurut PBB.

Baca Juga  Rupiah Paling Perkasa Lawan Dolar AS Hampir Sentuh Rp. 15.000
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here