Untuk Menghindari Bokek, Yuk Intip Ini Dia Tips Nya

0
ilustrasi via hipwee com
ilustrasi via hipwee com

KabarUang.com , Jakarta – Mengatur keuangan tak selalu rumit. Tapi seringkali karena tak bisa mengendalikan diri dan kurang disiplin, kita kerap mengalami yang namanya bokek. Baru beberapa hari lalu gajian, eh sekarang sudah bokek. Sekarang saatnya untuk membuat kebiasaan baru.

Ada satu kebiasaan cukup mudah yang bisa kita lakukan dari sekarang agar bebas dari bokek. Saatnya untuk lebih disiplin membuat anggaran untuk pos-pos pengeluaran. Seperti yang dilansir dari thebalance.com, langkah pertama untuk membuat anggaran adalah cukup dengan duduk lalu menuliskannya. Kita bisa membuat sejumlah pos pengeluaran bulanan, lalu memasukkan nominal yang disesuaikan dengan kebutuhan serta penghasilan yang kita punya.

Baca Juga  Neraca Perdagangan Pada Bulan April Diprediksi Defisit Dikisaran USD376 Juta

Mulai dari Kebutuhan yang Paling Dasar

Kebutuhan bulanan yang paling dasar perlu kita jadikan pos pengeluaran yang pertama. Membayar cicilan, membeli kebutuhan bulanan, dan kebutuhan lain yang tak bisa ditunda perlu segera kita buat anggarannya. Segera sisihkan uang untuk kebutuhan yang paling dasar ini.

Sisihkan sebagian untuk Ditabung atau Diinvestasikan

Punya target keuangan yang ingin dicapai? Misalnya, untuk biaya liburan beberapa bulan ke depan? Coba sisihkan sebagian uang untuk ditabung. Menabung perlu dilakukan di awal supaya memudahkan kita dalam mengelola sisanya. Atau kalau ingin berinvestasi, segera sisihkan sebagian untuk diinvestasikan.

Baca Juga  Bagaimana Sikap Maskapai? Karena Sampai Saat Ini Belum Ada Aturan Khusus Mengenai Diskon Tiket Pesawat

Siapkan Dana Cadangan

Terkadang kita tak pernah tahu akan pengeluaran dadakan yang harus segera kita tangani. Selalu sisihkan sebagian uang di pos dana cadangan atau dana darurat. Tujuannya untuk berjaga-jaga bila suatu waktu kita membeli sesuatu melewati anggaran yang kita buat.

Dengan kebiasaan lebih disiplin dalam membuat pos-pos pengeluaran sesuai dengan anggaran dan penghasilan yang kita punya, kita akan lebih mudah terhindar dari bokek. Tidak ada lagi yang namanya besar pasak daripada tiang. Kalau tak bisa mendapat pemasukan tambahan, maka pilihan terbaiknya adalah dengan melakukan lebih sedikit pengeluaran.

Baca Juga  Pertumbuhan PDB AS Dikonfirmasi Pada 3,1% Pada Kuartal Pertama
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here