Tokopedia Yang Didukung SoftBank dan Alibaba Catat Penjualan Selama Ramadhan Sebanyak US $ 1,3 Miliar

0
ilustrasi via id techinasia com
ilustrasi via id techinasia com

KabarUang.com , Jakarta – Tokopedia, sebuah situs e-commerce Indonesia yang didukung oleh SoftBank dan Alibaba, mengatakan pada hari Rabu bahwa itu menghasilkan rekor US $ 1,3 miliar dalam gross merchandise volume (GMV) selama penjualannya di bulan Ramadhan, di tengah melonjaknya permintaan untuk ritel online.

Perusahaan mengatakan penjualan terbesarnya, yang dicatat pada 17 Mei, menghasilkan total nilai transaksi yang lebih tinggi dari penjualan gabungan dari enam tahun pertama.

“Transaksi itu terjadi di 97 persen kecamatan di Indonesia dan melibatkan 5,9 juta penjual,” kata pendiri dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya.

Baca Juga  Freeport Berusaha Tarik Lulusan Luar Negeri Untuk Bangun Papua Menjadi Lebih Baik

Perusahaan baru itu memperoleh US $ 1,1 miliar dalam putaran pendanaan pada bulan Desember, dipimpin oleh SoftBank Group Vision Fund Jepang dan raksasa e-commerce China, Alibaba Group Holding Ltd. Sumber mengatakan Tokopedia bernilai US $ 7 miliar.

Berbelanja pakaian dan hadiah selama bulan suci Ramadhan adalah bagian penting dari budaya Indonesia – negara mayoritas Muslim terbesar di dunia.

Ekonomi internet Indonesia mencapai US $ 27 miliar tahun lalu dan siap untuk tumbuh hingga US $ 100 miliar pada tahun 2025, menurut penelitian Google-Temasek 2018.

Baca Juga  Kaesang Tebarkan Spirit of Enterpreneur kepada Ratusan Mahasiswa

Namun, tantangan logistiknya sangat besar. 17.000 pulau di Indonesia tersebar di wilayah yang lebih besar dari Uni Eropa, dengan biaya logistik menelan sekitar seperempat dari produk domestik bruto Indonesia.

Keberhasilan penjualan Ramadhan Tokopedia mencerminkan bahwa pengecer e-commerce berusaha mengatasi kesulitan lebih cepat dari yang diharapkan di tengah penggunaan smartphone yang lebih tinggi.

Tanuwijaya mengatakan kepada wartawan bahwa Tokopedia, yang tidak memiliki inventaris sendiri, sedang bereksperimen dengan kecerdasan buatan untuk memprediksi permintaan dan menyimpan stok di muka dalam kemitraan dengan operator gudang.

Baca Juga  Kebijakan Pak Habibie Dalam Ekonomi Masih Dipakai Sampai Saat Ini

Untuk saingannya yaitu Bukalapak dan Shopee belum mempublikasikan penjualan Ramadhan mereka.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here