Sebanyak 62% Sampah Di Indonesia Kini Banyak Berupa Kantong Plastik

0
Ilustrasi Tumpukan Sampah Plastik via koranyogya com

KabarUang.com, Jakarta – Pemerintah akan segera memberlakukan suatu kebijakan cukai pada produk kantong plastik. Hal juga tersebut diusulkan Kementerian Keuangan atau yang disingkat juga dengan Kemenkeu, terkait pengenaan cukai plastik kepada Dewan Perwakilan Rakyat atau yang disingkat DPR.

Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai Kementerian Keuangan atau yang disingkat dengan Kemenkeu, Nirwala Dwi Heryanto juga mengatakan, sebanyak 62% sampah plastik di Indonesia berjenis kantong plastik. Jumlahnya tengah mengalami kenaikan dari 14% menjadi sekitar 16%.

Baca Juga  Menteri BUMN Rini Soemarno: Holdingisasi Diyakini Akan Membentuk Perusahaan Menjadi Lebih Efisiensi Dan Lebih Kuat di Sektor Finansialnya

“Jadi dengan pertimbangan itu, kantong plastik perlu dikendalikan, bukan dilarang. Tapi dikendalikan, bagaimana caranya bisa dari regulasi dan fiskal,” ujar dia di Gedung Kemenperin Jakarta, Selasa (9/7/2019) seperti dikutip dari Okezone com.

Dia juga sudah menuturkan, dari segi regulasi sudah ada larangan penggunaan kantong plastik di beberapa daerah. Dari sisi fiskal, pihaknya juga menggunakan cukai untuk mengendalikan konsumsi barang-barang yang mereka punya eksternalitas negatif.

Baca Juga  Direktur BPJS Kemal Imam Santoso Katakan Kenaikan Iuran Dapat Bantu Keuangan BPJS
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here