Robot Mulai Ambil Alih Sebanyak 20 Juta Pekerjaan Pada Tahun 2030

0
Ilustrasi Robot via Hitekno com

KabarUang.com, Jakarta – Penggunaan robot kini diperkirakan akan mengambil alih sekitar 20 juta pekerjaan manufaktur di berbagai penjuru dunia pada tahun 2030. Robot-robot tersebut tersebar di berbagai jenis pekerjaan mulai dari produksi manufaktur sampai jasa.

Keterlibatan robot di industri memang tidak bisa saja dihindarkan. Apalagi industri besar yang bisa memerlukan otomatisasi guna mendukung efisiensi proses produksi. Para pelaku usaha pun sangat diharapkan dapat mengikuti tren tersebut seiring semakin berkembangnya teknologi serta kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Baca Juga  Dolar AS Tidak Banyak Bergerak Ketika Menanti Rapat The Fed

Studi terbaru firma riset dan juga konsultan asal Inggris Oxford Economics memperkirakan, berkembangnya robotisasi pada industri telah menambah kekhawatiran bahwa kendati menawarkan keuntungan, hal itu justru berpotensi menghilangkan pekerjaan dengan skill rendah serta bisa juga menambah tekanan sosial dan juga ekonomi. Kondisi itu bisa saja memperburuk kesenjangan sosial meski dapat mendorong output ekonomi global.

“Pemindahan pekerjaan dari robot-robot yang semakin banyak itu tidak akan tersebar merata ke berbagai penjuru dunia atau dalam suatu negara,” papar hasil studi Oxford Economics seperti dilansir Daily Mail kemarin seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Izin Impor Bawang Putih Dipersulit Seorang Menteri, Kata Bos Bulog

Studi itu juga menambahkan, robot-robot telah mengambil alih jutaan pekerjaan manufaktur dan juga sekarang meluas di bidang jasa, dibantu dengan kecanggihan komputer, dan juga pengenalan suara dan mesin pembelajar.

“Di wilayah skill lebih rendah, manusia yang kehilangan pekerjaan akan dua kali lipat setinggi wilayah skill lebih tinggi, bahkan di negara yang sama,” ungkap studi tersebut seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Grant Thornton Indonesia Sajikan International Business Report Catat Lonjakan Capai 84%
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here