PLN Operasikan PLTA Rajamandala Untuk Perkuat Sistem Kelistrikan Jawa-Bali

0
Ilustrasi PLTA Rajamandala via bumntrackcom

KabarUang.com, Jakarta – PT PLN (Persero) terus berupaya untuk menggenjot pembangunan pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan atau yang disingkat dengan EBT. Hal itu diwujudkan juga dengan telah beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Rajamandala berkapasitas sebesar 47 megawatt (MW).

”PLTA Rajamandala telah beroperasi sejak Mei 2019. Ini merupakan komitmen PLN bersama anak usahanya Indonesia Power membangun pembangkit berbasis renewable energy dan kami yakin Indonesia Power akan menjadi leading dalam bidang renewable energy,” ujar Direktur Aneka EBT pada Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Harris di acara peresmian operasi PLTA Rajamandala di Cianjur, Jawa Barat, kemarin seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  30% Saham Anak Usaha PNM Senilai Rp114 Miliar Dicaplok BTN

Menurut pendapat dia, beroperasinya PLTA Rajamandala merupakan suatu komitmen Indonesia dalam mengimplementasikan Perjanjian Paris (Paris Agreement) dalam rangka agar bisa menurunkan emisi gas rumah kaca di atmosfer, khususnya untuk CO2.

Pada perjanjian tersebut telah disepakati juga bahwa penerapannya harus terintegrasi ke dalam pembangunan nasional di masing-masing negara. Untuk segera mencapai target dari Persetujuan Paris tersebut, bahwa setiap negara harus berkontribusi dalam penurunan emisi gas rumah kaca atau yang disingkat GRK yang dituangkan dalam dokumen Kontribusi Secara Nasional (NDC).

Baca Juga  Sebentar Lagi Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, LPJK Kini Mulai Siapkan 6.000 Kontraktor
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here