Plastik Akan Kena Cukai, Begini Respons Pengusahanya

0
Ilstrasi Plastik Akan Kena Cukai via youtubecom

KabarUang.com, Jakarta – Pemerintah tengah menyiapkan suatu aturan untuk pengenaan cukai plastik. Aturan ini juga akan berbentuk Peraturan Pemerintah atau yang disingkat dengan PP.

Menurut Sekretaris dari Jenderal Asosiasi Industri Olefin, Plastik dan juga Aromatik Indonesia (Inaplas) Fajar Budiyono, penerapan aturan itu masih bisa menggunakan data lama. Yang dimana pada peraturan masih dibagi beberapa golongan plastik, seperti halnya kantong plastik konvensional, plastik degradable serta plastik biodegradable.

Baca Juga  Investasi Masih Belum Optimal, Ekonomi Kuartal II Diperkirakan Akan Tumbuh 5,15%

“Nah, kantong plastik degradable ini kan yang susah di-recycle. Dan pemulung juga tidak mau ngambil. Karena apabila itu nyampur dengan plastik konvensional dia akan rusak. Kedua, plastik degradable mengubah-ubah bentuk. Ada yang kecil dan besar. Itu yang bakal ngerusak lingkungan,” ujar dia di Gedung Kemenperin Jakarta, Selasa (9/7/2019) seperti dikutip dari Okezone com.

Menurut pendapatnya, plastik degradable di negara Thailand serta benua eropa sudah dilarang. Untuk itu, jika aturan untuk cukai kantong plastik ingin diterapkan, data yang ada harus segera disesuaikan lagi.

Baca Juga  Di Rest Area Tol Jakarta-Merak Tersedia Layanan Penukaran Uang

“Apakah ada kerugian apabila diterapkan cukai pada plastik. Jadi potensi untuk kehilangan PPh-nya kan pasti ada. Karena industri recylce plastik pasti turun,” tuturnya seperti dikutip dari Okezone com.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here