Penerapan Cukai Plastik Ternyata Tak Pengaruhi Daya Beli Masyarakat

0
Ilustrasi dampak cukai plastik terhadap daya beli via traveleriencom

KabarUang.com, Jakarta – Penerapan cukai plastik dinilai tidak berdampak signifikan terhadap perekonomian ataupun juga pada daya beli masyarakat. Dampak penerapan cukai kantong plastik terhadap inflasi hanya mengenai sekitar 0,04%.

”Pengenaan cukai ini hanya pada konsumen, tetapi produsen yang membayar dan akan menjual dengan harga yang lebih tinggi,” ujar Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Adriyanto di Jakarta, kemarin seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Kementrian Perhubungan Terbitkan SK Terkait Batas Atas Harga Tiket Pesawat

Menurut pendapat Adriyanto, penerapan cukai kantong plastik hanya akan mengubah konsumsi masyarakat dari sebelumnya yang menggunakan kantong plastik untuk belanja menjadi membawa wadahnya sendiri.

Apalagi ritel sudah mengenakan pungutan atas kantong plastik yakni sebesar Rp200 per lembar sejak pada tanggal 1 Maret tahun 2019.

”Proyeksi kami hanya mengubah konsumsi masyarakat. Kalau dulu menggunakan kantong plastik, sekarang mengurangi plastik. Namun, daya beli masyarakat tidak terpengaruh karena tidak ada kenaikan harga secara signifikan di masyarakat,” tuturnya seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  991 ASN Kini Terancam Sanksi Imbas Dari Melanggar Netralitas Saat Pemilu Dan Pilkada

Adriyanto juga menambahkan, sejumlah daerah yang juga telah menerapkan regulasi pembatasan penggunaan plastik seperti Bogor, lalu Balikpapan, kemudian Banjarmasin, dan juga Jambi.

Akan tetapi, tidak terjadi dampak negatif terhadap perekonomian di kota-kota tersebut. ”Kalau masyarakat aktif mengurangi plastik, harusnya ekonomi tidak akan berdampak. Semangat kita adalah menjaga lingkungan,” imbuhnya seperti dikutip dari Okezone com.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here