Nilai Tukar Nelayan Tak Boleh Turun Kata Menteri Susi

0
Ilustrasi Menteri Susi via fakta news

KabarUang.com, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan atauyang disingkat dengan KKP Susi Pudjiastuti menginginkan agar nilai tukar nelayan (NTN) terus meningkat. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Berdasarkan dari data Kementerian Kelautan dan Perikanan, NTN pada bulan Mei 2019 sebesar 113,08. Angka ini naik sebesar 0,64% jika dibandingkan bulan yang sama di tahun 2018, yaitu dari sebanyak 112,36.

“Nilai tukar nelayan, nilai tukar usaha perikanan, nilai tukar pembudidaya harus naik terus. Tidak boleh turun,” ujarnya dalam acara halal bihalal di Kantor Kementerian KKP, Jakarta, Kamis, (4/7/2019) seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Akan Ada Bonus Pegawai PLN Yang Dipotong Imbas Mati Listrik

Susi juga sudah mengatakan, sejak dari tahun 2014 NTN terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hal tersebut juga tidak terlepas dari berbagai program kedaultan kemaritiman yang digaungkan oleh pemerintah selama ini.

“Saya lihat hari ini luar biasa. Ternyata terus membukukan kenaikan. Tahun 2014 itu di bawah 106. Begitu kita canangkan program kedaulatan kemaritiman, signifikan naik, 106, 108. Tahun 2017, 111, 2018, 113, Mei 2019 113,08,” jelasnya seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  DPR Panggil PPATK Untuk Uji Kelayakan Destry Damayanti

Memang menurut pendapat Susi, angka ini masih belum memuaskan. Akan tetapi hal tersebut disebabkan beberapa hal seperti faktor musiman yang mana memang pada awal tahun ini karakteristik usaha penangkapan ikan bisa dikatakan kurang baik.

“Awal tahun agak sedikit karena biasanya musim hujan masih berlangsung ikan belum ada. Musim kemarau ikan baru ada. Sementara udang dan lobster musim hujan. Tapi dilihat dari tahun 2014 jauh angkanya, dan tumbuh dalam situasi ekonomi dunia yang slow down,” jelasnya seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Ekonomi RI Kini Tengah Alami Penekanan Kata BI
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here