Menelusuri Pemindahan Ibu Kota dari Era Presiden Soekarno Sampai Pak Jokowi

0
Ilustrasi Ibu Kota Pindah via jpnn com

KabarUang.com, Jakarta – Pemerintah kini sudah sangat serius untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta menuju daerah lain yang penduduknya masih sepi. Presiden Joko Widodo atau akrab sapaannya yakni Jokowi telah menginginkan agar pemindahan ibu kota ini sudah bukan hanya wacana lagi.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas yakni Bambang Brodjonegoro juga telah mengatakan, pemindahan ibu kota juga sudah dicanangkan sejak lama, bahkan sejak era Presiden Soekarno. Akan tetapi memang sampai saat ini, pemindahan ibu kota dari Jakarta yang kian padat belum juga bisa terealisasi.

Baca Juga  Internasional Daxing Beijing Airport Yaitu Bandara Baru China Yang Siap Beroperasi Bulan September

Era Presiden Soekarno sempat ingin memindahkan Jakarta menuju Kalimantan, tepatnya di Kota Palangkaraya. Kemudian di era Presiden Soeharto itu ibu kota sempat ingin dipindahkan menuju Jonggol, Jawa Barat.

Pada era Presiden Sulsilo Bambang Yudhoyono ada juga wacana pemindahan ibu kota dengan menyiapkan grand planning. Kemudian pemindahan kembali menggaung di era Presiden Jokowi ini.

“Jadi memang pemindahan ibu kota ini bukan hal yang baru. Indonesia meskipun rencana ini juga pernah diangkat Presiden Soekarno dan Soeharto. Presiden Jokowi menginginkan ini bukan hanya wacana tapi kongkret,” ujarnya dalam acara Forum Merdeka Barat, di Kantor Kementerian Bappenas, Jakarta, Rabu (10/7/2019) seperti dikutip dari Okezone com.

Baca Juga  Penggunaan Angkutan Massal Lebih Diutamakan Untuk lebaran Tahun Depan
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here